Laporan dari Mobile World Congress di kota Barcelona, Spanyol: tren terbaru di dunia ponsel antara lain lebih besar, lebih cepat, lebih hebat, lebih kuat, dan lebih murah

ImagePerusahaan handset dari segala penjuru dunia berkumpul dan memamerkan perangkat ponsel terbaru mereka di kota Barcelona (Spanyol) dalam event “Mobile World Congress” yang berlangsung mulai tanggal 27 Pebruari sampai Maret 1.  Pembuat ponsel yang ikut serta di konferensi tahun ini termasuk High Tech Computer (HTC) dari Taiwan, LG Electronics and Samsung dari Korea Selatan, dan ZTE dari China.

Tren terbaru di dunia ponsel antara lain:

a) Lebih besar dan lebih lebar: pembuat ponsel mulai memasok layar screen yang lebih besar dengan ukuran 4.7 inches atau 12 centimeter.  HTC meluncurkan “One X” yang berlayar lebar dengan ukuran  4.7 inches dengan resolusi  1280×720 pixels.   Contoh lain, HTC Titan II yang diluncurkan bulan January lalu dengan memakai Windows Phone 7.5 OS.

b) Lebih cepat dengan empat otak: tren yang paling solid tahun ini adalah munculnya banyak ponsel yang memakai quad-core processors (empat otak).  Pemasok dari China ZTE meluncurkan ZTE Era yang memakai quad-core processors supaya bisa mengolah data, dokumen, suara, dan foto-foto lebih cepat.  Quad-core processors ibarat laptop yang memakai chip Intel i7 yang bisa menjalankan beberapa aplikasi bersama-sama untuk multi-media, editing, dan Microsoft Office.

c) Lebih hebat dan lebih cerdik: dulu ponsel diciptakan sebagai alat untuk menilpon, chatting, foto, ataupun messaging (BBM) tapi zaman baru ponsel akan dipakai sebagai alat untuk menyimpan kartu kredit dan alat pembayaran, kupon discon, membership, kunci hotel, projector (contoh, Samsung Galaxy Beam), dan lain-lain.  Aplikasi NFC (Near-Field Communications) mulai popular di Eropah dan Amerika, termasuk peluncuran Google Galaxy Nexus bulan Nopember lalu.

d) Lebih kuat: dengan memakai sinyal generasi ke-empat 4G atau LTE (Long Term Evolution). Perusahaan Verizon dan AT&T di Amerika berlomba terus untuk merelis ponsel 4G LTE yang bisa dipakai untuk mendownload maupun merekam video dengan kecepatan empat sampai sepuluh kali lipat dari ponsel biasa.

e) Lebih murah: untuk bisa menguasai pasar smartphone didunia berkembang, perusahaan ponsel juga meluncurkan seri baru yang feature nya di pangkas. Dengan bekerja sama dengan Microsoft Windows Phone mobile operating system, Nokia segera menjual Lumia 610 yang harga pokoknya sekitar $250 (sebelum mendapat subsidi dari providers dan kontrak jangka panjang).

(Images: atas, logo “Mobile World Congress”; tengah, HTC “One X”  dan ZTE “Era”)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s