Sebagai alat untuk membantu belajar, Google Chromebook merebut hati lebih dari 500 sekolah di Amerika dan Eropa

Mesin pencari terbesar didunia mengumumkan bahwa Google Chromebook, laptop/desktop yang berbasis di awan (cloud), sudah menembus pasar lebih dari 500 sekolah di Amerika Serikat dan Eropa. Sebagai alat untuk membantu belajar, sekolah-sekolah menyediakan Chromebook bagi siswa-siswa karena bisa menekan anggaran biaya untuk pendidikan.

Karena berbasis di awan maka administrator sekolah tidak perlu menghabiskan waktu menginstal perangkat lunak terbaru ke setiap Chromebook. Semua Chromebook bisa disambungkan ke “Google Apps for Education” sehingga sekolah bisa menghemat tenaga untuk merawat dan mengupdate perangkat. Jadi setiap tahun ajaran baru dimulai pada bulan Agustus, sekolah hanya mencolokkan komputer ke jaringan web sambil menunggu update otomatis. Chromebook bersifat app-sentris, sehingga tidak perlu diinstal dengan perangkat lunak secara manual, akan tetapi mesin ini bisa otomatis diperbarui dengan sistem operasi yang selalu disediakan oleh Google.

Pada kesempatan ini juga Google dengan bangga mengumumkan bahwa dua konsorsium penilaian yaitu the PARCC and Smarter Balanced Assessment Consortia, sudah mengkonfirmasikan bahwa Chromebook memenuhi semua persyaratan perangkat desktop/laptop dan sistem operasi untuk boleh dipakai oleh siswa-siswa pada tahun ajaran 2014-2015.

Untuk menunjang suksesnya kurikulum di sekolah, Google Chrome Web Store menyediakan puluhan ribu aplikasi yang terbaru, antara lain, ST Math, VoiceThread and Acheive3000. Untuk meningkatkan pola belajar 1-ke-1, Google memberi contoh beberapa aplikasi yang termasuk populer di sekolah antara lain, WeVideo, EasyBib, Vernier Labquest2, SlideRocket, Geogebra dan Pearson’s OpenClass.

(Image: Google Chromebook)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s