Retensi terhadap aplikasi meningkat tajam: pengguna Apple iPhone dan iPad lebih setia kepada aplikasi mereka daripada pengguna Google Android

Kesetiaan terhadap aplikasi ternyata tidak sama antara pengguna perangkat Apple iPhone dan iPad melawan pengguna perangkat yang dijalankan oleh sistem operasi Google Android.  Menurut metrik retensi dari pengguna yang dipersembahkan oleh Localytics, pengguna perangkat iPhone dan iPad menunjukkan 52% lebih setia kepada aplikasi mereka daripada pengguna Android.

Kalau meneliti data dari penggunaan aplikasi lebih dari 10 kali setelah di-download, maka pengguna perangkat iPhone dan iPad memiliki kemungkinan 35% meluncurkan aplikasi tsb. daripada pengguna Android, dimana kelompok pengguna sistem operasi buatan Google hanya ada kemungkinan 23% meluncurkan aplikasi lebih dari 10 kali.

Kalau diteliti lebih dalam berdasarkan data dari penggunaan aplikasi hanya 1 kali setelah di-download, maka 24% pengguna Android meluncurkan aplikasi satu kali dan tidak pernah meneruskan lagi.  Sedangkan pengguna perangkat ciptaan mendiang Steve Jobs hanya memiliki kemungkinan 21% meluncurkan aplikasi mereka satu kali saja.

Strategi bagi pembuat aplikasi adalah terus-menerus memperbaiki aplikasi mereka supaya lebih baik dan bisa mentarget pasar lebih luas ataupun mentarget pasar khusus untuk kalangan tertentu. Memberikan informasi lebih lengkap juga akan membantu supaya pengguna mempunyai pilihan cerdas sehingga ingin mencoba aplikasi yang baru diluncurkan.

(Image: Localytics)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s