Setelah Facebook and Yahoo! berantem memperebutkan hak paten, kedua perusahaan yang berbasis di Silicon Valley sepakat untuk menjalin kemitraan dan memperluas pengaturan distribusi iklan dan berbagi konten dengan berkolaborasi pada jaringan sosial, sedangkan Microsoft boleh bernafas lega

Dua perusahaan Internet yang berbasis di Silicon Valley sepakat untuk menyelesaikan masalah rebutan hak paten hari ini.  Sejak awal 2012 dibawah kepemimpinan mantan Direktur Utama (CEO) Scott Thompson, Yahoo! memperkarakan Facebook dengan berbagai tuntutan hak paten.  Sebaliknya Facebook juga membalas dengan mengajukan tuntutan hak paten ke Yahoo!, sebelum menjadi perusahaan terbuka bulan Mei lalu.

Situasi demikian membuat Microsoft kalang-kabut karena perusahaan perangkat lunak ini memiliki saham Facebook dan juga merupakan investor awal berdirinya jaringan sosial terbesar didunia ini.  Disamping itu Microsoft  juga bermitra erat dengan Yahoo! yang memakai mesin pencari Bing sebagai tulang punggung untuk menyediakan jasa pencarian di situs Yahoo!.  Dengan merangkul Yahoo! Microsoft ingin meraup pasar lebih luas untuk menyaingi mesin pencari Google.

Dalam siaran persnya, perusahaan Yahoo! dan Facebook menegaskan bahwa sudah ada penyelesaian dalam kasus tuntuan hak paten dan keduanya merelakan portofolio hak paten mereka supaya bisa lisensi silang.  Seterusnya mereka sepakat untuk menjalin kemitraan iklan baru dan memperluas hubungan berbagi konten.  Kerjasama ini akan menguntungkan para pengiklan premium karena sistem distribusi iklan bisa ditingkatkan dengan mengandalkan konten dari Yahoo!, dan sebaliknya iklan akan bisa ditampilkan di jaringan sosial yang meliputi jutaan pengguna Facebook diseluruh dunia.

Kesepakatan yang terjalin antara Yahoo! dan Facebook hari ini memperkuat posisi CEO “sementara” Ross Levinsohn yang diperkirakan akan diangkat untuk menerima jabatan tertinggi di Yahoo minggu depan.  Levinsohn menggantikan mantan CEO Thompson yang dipecat pada tanggal 13 Mei lalu.  Sejak pemecatan itu Levinsohn mengulurkan tangan untuk mengajak damai dengan Chief Operating Officer Facebook Sheryl Sandberg.

Penyelesaian masalah hak paten juga memberikan waktu bagi Yahoo! untuk lebih focus menyediakan konten dan menciptakan produk yang inovasi untuk pengguna.  Sedangkan kemitraan ini akan memperkuat jaringan sosial yang sekaligus berbagi konten dari Yahoo, kesempatan ini menciptakan nilai lebih bagi pemasar dan pengiklan.  Keberadaan Yahoo! akan memungkinkan pengguna Facebook untuk menemukan dan menghubungkan berita dan informasi dan berbagi bersama teman-teman di jaringan sosial Facebook.

(Image: Facebook thumb-up and Yahoo! logo)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s