Laporan dari Microsoft Worldwide Partner Conference di kota Toronto, Kanada: sistem operasi Windows 8 akan dirilis ke pabrik komputer (RTM) pada minggu pertama Agustus dan tersedia untuk umum pada akhir Oktober 2012

Konferensi kemitraan yang diselenggarakan oleh perusahaan perangkat lunak terbesar didunia sedang berlangsung di kota Toronto, Kanada (bagian Timur dari benua Amerika), dimulai tanggal 8 Juli dan berakhir 12 Juli. Konferensi yang lebih dikenal dengan nama Microsoft Worldwide Partner Conference (WPC) diselenggarakan setiap tahun. Kebetulan tahun ini memilih kota di Kanada, sedangkan tahun lalu diadakan di kota Los Angeles di Amerika.

Pada acara pembukaan konferensi kemitraan hari Senin ini, top eksekutif pemasaran dan keuangan divisi Windows dari Microsoft, Tami Reller, memastikan kepada ribuan mitra dari seluruh dunia bahwa ketersediaan sistem operasi Windows 8 akan terjadi pada minggu pertama Agustus. Salah satu hari di awal bulan Agustus, perangkat lunak yang disediakan adalah versi “pabrik komputer“ atau Release to Manufacturing (RTM). Versi ini biasanya dipasang di dalam mesin laptop atau desktop sewaktu pembeli membelinya dari toko komputer dan toko elektronik. Selanjutnya ketika mesin dicolokan ke kabel tembok dan menerima akses ke Internet, mesin ini otomatis mencari update terbaru langsung dari situs Microsoft.

Setelah pabrik komputer menerima versi RTM, selanjutnya eksekutif Microsoft Tami Reller menyakinkan bahwa para pengguna komputer di seluruh dunia akan diperbolehkan membeli dan men-download Windows 8 versi “umum” pada akhir Oktober.  Ini juga bertepatan dengan peluncuran perangkat tablet yang dikenal dengan nama Surface yang sudah diperkenalkan pertengahan bulan Juni.  Tiga tahun yang lalu Windows 7 diluncurkan pada tanggal 22 Oktober, jadi boleh dibilang tidak jauh dari tanggal tsb. Sebagai pembicara pada pembukaan konferensi WPC, eksekutif Microsoft Tami Reller juga memberitahu kepada semua mitra bahwa Windows 8 akan tersedia dalam 109 bahasa dan akan dipasarkan ke 231 negara dan kawasan di seluruh dunia. Tidak lepas dari kehebatan sistem operasi yang dibuat oleh raksasa perangkat lunak yang berbasis di negara bagian Washington (pantai barat benua Amerika), eksekutif Microsoft juga membeberkan data terakhir bahwa perusahaannya telah menjual lebih dari 630 juta lisensi untuk sistem operasi Windows 7 yang kebanyakan dipakai di desktop dan laptop pribadi di rumah maupun di perkantoran.

Dengan kepastian peluncuran sistem operasi Windows 8 versi “pabrik komputer” awal Agustus dan versi “umum” pada akhir Oktober, maka pengembang aplikasi Windows 8 boleh siap-siap memasang strategi untuk memasarkan aplikasi yang sudah mereka ciptakan dan juga siap menjualnya melalui toko Windows Store.

(Images: Microsoft Worldwide Partner Conference logo; Windows 8 start page)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s