PayByPhone: membebaskan pengemudi dari pikiran akan kena tilang petugas parkir dan memungkinkan pengemudi mengisi ulang meteran parkir dengan ponsel

Banyak pengemudi memarkirkan mobil di pinggir jalan dengan memanfaatkan meteran parkir supaya mengirit ongkos parkir daripada membayar ongkos parkir lebih mahal di gedung parkir. Kadang-kadang keperluan memarkirkan mobil di suatu tempat hanya untuk jangka waktu pendek saja atau untuk kemudahan akses.  Karena kelalaian si pengemudi yang sudah lama duduk di sebuah café shop, restoran, bioskop, atau berada di tengah-tengah pertemuan, seringkali pengemudi berlari cepat untuk mengisi ulang meteran parkir. Kadang hanya terlambat satu menit mengisi uang koin ke meteran parkir, maka pengemudi sudah ditilang oleh petugas parkir. Ongkos tilang parkir di kota besar di Amerika misalnya di Los Angeles berkisar di atas $30 (300 ribu Rupiah).

PayByPhone menyediakan layanan bagi pengemudi membayar parkir dengan ponsel mereka tanpa harus bingung membawa uang koin untuk mengisi meteran parkir. Ada sekitar tiga juta pengemudi yang sudah mendaftar secara resmi sebagai pengguna layanan PayByPhone. Perusahaan ini didirikan sepuluh tahun yang lalu dan melayani sekitar 180 kota kota besar di Amerika dan Eropa, termasuk London, Miami, Vancouver, Newcastle, San Francisco dan Paris. Untuk menjangkau pengemudi lebih banyak, PayByPhone menciptakan aplikasi untuk ponsel jenis BlackBerry, iPhone, dan Android. Kalau dibandingkan dengan denda parkir yang cukup besar, setiap kali memakai layanan PayByPhone akan dikenakan biaya 35 cents (3500 Rupiah).

Cara kerja PayByPhone untuk parkir mobil adalah sebagai berikut:

  • Pengemudi akan menemukan sebuah nomor telepon di meteran parkir dan segera menelepon nomor tsb untuk bisa disambung ke layanan PayByPhone. Tiap lokasi berbeda nomor telepon.  Tanpa harus menelepon, pengemudi boleh mengakses layanan PayByPhone lewat aplikasi ponsel pintar.
  • Pengguna layanan PayByPhone harus memasukkan nomor lokasi yang tertera di meteran parkir yang terdiri dari 4 atau 5 angka dan menyebutkan jumlah waktu parkir yang diinginkan (misalnya, 90 menit parkir akan dikenakan biaya $3).
  • Setelah pengguna layanan PayByPhone mendengar nada konfirmasi maka pengguna boleh meninggalkan tempat parkir dan kendaraan. Seketika itu juga peralatan PayByPhone mengirimkan isyarat ke alat genggam yang dibawa oleh petugas parkir yang sedang berpatroli untuk melacak meteran parkir di lokasi setempat. Setelah membayar, data kendaraan beserta jumlah waktu segera muncul di alat genggam yang dibawa oleh petugas parkir.
  • Nah, setelah meteran parkir sudah berjalan sesuai dengan permintaan jumlah waktu, pengguna boleh memperpanjang waktu parkir setiap saat (pemilik ponsel bisa memakai alat peringatan awal untuk mengingatkan kalau meteran sudah hampir habis waktunya). Pengguna dengan bebas menghubungi nomor telepon di meteran parkir atau akses lewat aplikasi dan akan diberikan kesempatan untuk memperpanjang waktu parkir.

(Images: top, photo of phone numbers and location of the PayByPhone service; middle right, PayByPhone logo; click here to watch a video demo)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s