Mobile operator terbesar di Amerika AT&T menyatakan rencananya untuk menghentikan servis di jaringan nirkabel 2G pada 1 Januari 2017, karena mayoritas pelanggannya kini sudah beralih menjadi pengguna telepon pintar (smartphone)

Karena semakin banyak pelanggan yang beralih ke telepon pintar (smartphone), raksasa AT&T menyatakan bahwa mobile operator terbesar di Amerika ini akan mengakhiri jaringan nirkabel 2G pada 1 Januari 2017. Dalam formulir pengajuan yang tertanggal 3 Agustus, 2012, kepada Securities and Exchange Commission (SEC), AT&T menyatakan bahwa perusahaan ini akan mendorong pelanggannya untuk berpindah ke layanan 3G/4G. SEC adalah badan penegak hukum federal yang mengatur sekuritas pasar saham di Amerika Serikat.

Dalam laporannya kepada SEC, AT&T menyatakan bahwa hanya sisa sekitar 12% saja pelanggannya yang masih teken kontrak yang menggunakan handset 2G pada akhir Juni 2012, atau dengan kata lain jumlahnya sekitar 8,4 juta orang. Sampai akhir bulan Juni lalu, hampir 62% pelanggan AT&T sudah menggunakan smartphone sebagai alat berkomunikasi, kirim texting, nonton video, and akses mobile web. Lebih dari sepertiga dari semua pemilik smartphone di AT&T sudah menggunakan telepon genggam jenis 4G.

AT&T memperkenalkan jaringan “jaman doeloe” 2G di awal tahun 1990-an atau seringkali dikenal dengan istilah Global System for Mobile Communications, atau GSM. Kemudian meluncurkan jaringan 4G LTE sejak bulan September 2011. Karena pengguna merasakan kecepatan akses web yang lebih canggih, banyak pengguna yang memperbaharui kontrak mereka memilih untuk mengganti telepon genggam lama mereka ke jenis 4G seperti Samsung Galaxy S III dan Nokia Lumia 900. Apple dijadwalkan baru akan meluncurkan telepon genggam jenis 4G pada bulan Oktober yang akan datang.

(Logo: att.com)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s