Nina (Nuance Interactive Natural Assistant): aplikasi layanan pelanggan yang memudahkan perusahaan menambahkan asisten virtual, yang menggunakan suara, dan meningkatkan pengalaman swalayan bagi pelanggan

Perusahaan Nuance Communications dikenal di dunia bisnis sebagai penyedia alat yang menggunakan pengenalan suara. Salah satu produk yang menggunakan suara dengan bantuan teknologi Nuance yang sudah sangat terkenal hari ini adalah Apple Siri, yang diluncurkan awal Oktober 2011. Siri diluncurkan bersamaan dengan rilisnya Apple iPhone 4S dan iOS versi 5. Sejak diluncurkan, Siri banyak dipakai sebagai alat untuk mencari dengan suara, menerima jawaban dengan suara, dan mencatat pesan-pesan dengan suara dari pengguna yang telah memerintahkan alat tsb melakukan fungsinya.

Nuance meluncurkan alat yang mirip dengan Siri dan menggunakan suara sebagai “asisten virtual.” Alat ini dinamakan Nina (Nuance Interactive Natural Assistant). Boleh dibilang Nina adalah sesuatu alat yang sama fungsinya dengan Siri, tetapi Nina diciptakan sebagai layanan tambahan untuk aplikasi ponsel pintar. Dibandingkan dengan Siri, keunggulan Nina adalah pengembang aplikasi untuk ponsel pintar iPhone dan Android boleh mengintegrasikan Nina ke dalam aplikasi-aplikasi yang mereka ciptakan. Nina menggabungkan beberapa aktivitas, termasuk suara, merubah tulisan menjadi suara, suara biometrik, dan pengertian bahasa alami. Untuk menjalankan beberapa fitur dan fungsi, Nina mengandalkan server dengan teknologi awan (cloud) supaya memberikan pengalaman interaktif yang lebih baik bagi pengguna. Keunggulan lainnya, tanpa harus mengklik banyak dan membaca menu, Nina mampu memahami apa yang dikatakan oleh pengguna dan bisa mengidentifikasi siapa yang berbicara kepada alat tsb.

Tujuan Nina supaya pengguna tidak bertanya kepada manusia lagi, tetapi asisten virtual ini membuat konsumen nyaman bertanya kepada perangkat, sehingga pengguna menemukan informasi yang lengkap. Kemudahan yang diberikan oleh alat ini akan mendorong perusahaan dan organisasi untuk menemukan cara baru untuk meningkatkan pengalaman swalayan bagi pelanggan. Nina mengubah aplikasi- aplikasi iPhone dan Android menjadi alat canggih dan cerdas yang memungkinkan keterlibatan pelanggan untuk melayani diri sendiri, termasuk membayar tagihan bulanan, mengubah atau menambahkan atau mengurangi layanan, memesan tiket pesawat, dan mengajukan pertanyaan dan menunggu pertanyaan dijawab.

Layanan Nina dalam bahasa Inggris sudah tersedia hari ini melalui beberapa cabang Nuance di negara Amerika, Inggris dan Australia. Nina akan mendukung bahasa global (non-Inggris) pada akhir tahun ini.

(Image: Nina for iPhone; klik disini untuk menonton video demo)

About these ads

Trackbacks

  1. […] suara sebagai narasi atas foto hingga 30 detik. Dengan mengandalkan teknologi pengenalan suara dari Nuance, aplikasi foto pintar ini memiliki keunggulan dari aplikasi foto lainnya karena secara otomatis […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s