viaCycle: menyewa sepeda dengan sistem berbagi yang mengandalkan aplikasi ponsel pintar dan pesan teks untuk mengunci dan melepas dari rak sepeda di pinggir jalan

Usaha penyewaan mobil atau sepeda bukanlah suatu ide baru di dunia bisnis, akan tetapi cara operasi penyewaan mengalami banyak inovasi beberapa tahun belakangan ini dengan mengurangi tenaga kerja menjaga toko dan tempat menyimpan barang sewaan, sehingga bisa menekan ongkos sewa serendah mungkin. Awal tahun 2000-an di kampus universitas besar di Amerika, seperti USC dan UCLA, sudah muncul penyewaan mobil dengan sistem berbagi antara mahasiswa yang dipelopori perusahaan Zipcar. Setiap penyewa terlebih dahulu menjadi anggota Zipcar, dan setelah memenuhi persyaratan baru boleh menyewa mobil berdasarkan tarif per jam dengan pertimbangan lokasi kampus dan kota. Mobil yang mau disewakan biasanya diparkir di halaman kampus dan setiap mahasiswa bisa menyewanya dengan membuat janji terlebih dahulu melalui website atau telepon. Zipcar melakukan inovasi dengan mengandalkan aplikasi ponsel pintar (iPhone) untuk melakukan transaksi penyewaan sejak Juni 2009.

Dengan mencontoh keberhasilan Zipcar, maka hari ini viaCycle mengumumkan secara resmi untuk meluncurkan penyewaan sepeda. Cara kerja viaCycle sangat mudah, setelah terdaftar resmi menjadi anggota, setiap pengguna boleh membuka kunci sepeda yang di parkir di rak sepeda di pinggir jalan dengan menelepon atau melalui aplikasi ponsel pintar, kirim pesan SMS teks dan menunjukkan nomor ID sepeda.  Alat untuk mengendalikan penyewaan dan jam operasi sepeda terletak di roda belakang, berbentuk seperti kotak persegi panjang berwarna hitam.  Seluruh proses menyewa sepeda hanya membutuhkan satu sentuhan di ponsel.

viaCycle sudah melakukan uji coba di kampus Georgia Tech dengan ongkos penyewaan sekitar $1.95 per dua jam, yang kemudian penyewa menerima diskon 60% dari harga sewa selama promosi. Dalam waktu dekat, perusahaan startup ini akan segera membuka penyewaan sepeda di kota-kota besar termasuk di San Francisco, seperti yang dilansir dari techcrunch.com. Dua tahun yang lalu viaCycle didirikan oleh empat mahasiswa dari Georgia Tech, yang kampusnya terletak di kota Atlanta, di negara bagian Georgia, di pantai timur Amerika. Pada musim panas tahun ini, tim kerja viaCycle berpindah lokasi ke pantai barat Amerika dan bergabung dengan pemodal startup di Silicon Valley yang didukung oleh kelompok Y Combinator. Setelah mengikuti program di pusat teknologi terbesar didunia ini, tim kerja viaCycle mulai berpikir untuk meluaskan usaha mereka dengan mengadaptasi cara kerja penyewaan sepeda untuk pasar lain dan kemungkinan produk lain.

Selama masih berstatus sebagai perusahaan startup, target pemasaran penyewaan sepeda viaCycle dilakukan terhadap perusahaan besar yang memiliki lahan besar dan terdiri dari beberapa gedung perkantoran, perguruan tinggi dengan kampus yang tersebar luas, dan pusat wisata di kota dan di pantai. Untuk mempermudah pegawai melakukan aktivitas di dalam kampus perkantoran yang luas, perusahaan bisa memakai jasa viaCycle untuk memberikan kenyamanan bagi pegawai dengan menggunakan sepeda sebagai alat transportasi dari satu gedung ke gedung lainnya, atau bersepeda keluar kantor sewaktu jam makan siang. Demikian juga untuk menarik wisatawan ke kota-kota, walikota yang ingin menggalakkan mobilitas perkotaan juga bisa menyediakan fasilitas parkir dan penyewaan sepeda viaCycle, sehingga memudahkan pengunjung untuk menelusuri kota.

Setelah resmi menjadi anggota viaCycle, diperkirakan harga sewa akan mencapai sekitar $20 (200 ribu Rupiah) per sepeda per bulan. Yang menjadi kendala bagi usaha waralaba dan walikota kota kecil adalah biaya awal yang cukup mahal untuk menyediakan sepeda dan biaya pengoperasian sistem perangkat lunak yang mengendalikan tempat penyewaan sepeda yang diperkirakan akan mencapai sekitar $1.000 sampai $1.500 (sekitar 10 sampai 15 juta Rupiah) per sepeda.

Perusahaan startup ini bukan hanya didukung oleh pemodal di Silicon Valley dan kelompok Y Combinator, viaCycle juga memenangkan beberapa penghargaan dari institusi terkenal di Amerika. Tim kerja viaCycle memenangkan hadiah $15,000 (150 juta Rupiah) dari MIT Clean Energy Prize untuk kategori transportasi pada tahun 2010. Satu tahun sebelumnya menerima hibah sejumlah $50,000 (500 juta Rupiah) dari Ford College Community Challenge (Ford C3). Malah tahun 2012 ini juga menerima hadiah sejumlah $50,000 (500 juta Rupiah) dalam bentuk investasi dari Village Capital Atlanta 2012. Terus juga menerima investasi sejumlah $10,000 (100 juta Rupiah) dari StartupRiot Atlanta 2012.

(Images: top, viaCycle bikes; middle, logo; bottom, video demo, klik disini untuk menonton  cara kerja viaCycle)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s