Vice Provost for Online Learning (VPOL): Universitas Stanford mengumumkan pembentukan kantor wakil rektor untuk mengambil inisiatif sebagai pemimpin inovasi pendidikan online

Universitas swasta terkemuka di Amerika berlomba-lomba untuk menarik minat calon mahasiswa yang hidupnya semakin hari semakin tergantung dengan kemajuan inovasi teknologi. Awal bulan Mei lalu Harvard dan MIT bermitra mendirikan lembaga pendidikan online yang dinamakan edX dan menawarkan program online untuk mahasiswa seluruh dunia. Sedangkan beberapa profesor dari universitas swasta di kawasan pantai barat, seperti Universitas Stanford yang berlokasi di pusat inovasi teknologi terbesar di dunia di Silicon Valley, sudah melakukan uji coba untuk menyediakan pendidikan online sejak musim gugur tahun 2011. Salah satu profesor terkenal di Stanford di department Computer Science sudah mengajar dan menyediakan kelas-kelas di Coursera. Kelas-kelas yang disediakan sudah menarik ratusan ribu mahasiswa dari seluruh dunia.

Sebelum kalah saing dengan universitas di pantai timur Harvard dan MIT yang sudah menyiapkan program online sejak musim panas ini, hari ini lembaga pendidikan tertinggi yang sangat dikagumi di Silicon Valley, Universitas Stanford, mengumumkan pembentukan sebuah kantor wakil rektor (Provost) untuk mengemban tugas memajukan inovasi pendidikan online (Online Learning). Komitmen Stanford sesuai dengan tradisi institusi ini mengemban tugas sebagai pelopor inovasi teknologi untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa di jaman modern ini. Dengan memulai pendidikan online ini, maka Stanford akan menjadi institusi penguruan tinggi yang berpotensi sebagai contoh program untuk mentransformasikan dunia pendidikan di abad ke-21 ini. Untuk proyek awal ini, Stanford sudah menunjuk profesor ilmu komputer John Mitchell sebagai kepala kantor wakil rektor khusus menangani pendidikan online.

Mulai musim gugur tahun ajaran 2012 ini, Stanford akan menyediakan 15 program yang akan ditawarkan secara online. Kelas-kelas online akan meliputi departmen teknik, matematika, ilmu sosial, pendidikan dan kewirausahaan. Sedangkan kelas-kelas yang lebih terseleksi akan terus ditambahkan pada usim dingin dan musim semi, awal tahun 2013 yang akan datang. Tim pengajar dan pemimpin fakultas di departmen Kedokteran, Teknik dan Bisnis sudah menyiapkan tim khusus untuk memberi fokus lebih dalam pada penyelenggaraan pendidikan online ini.

(Images: left, Stanford logo; right, Prof. John Mitchell by Stanford News)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s