Desire2Learn: platform pendidikan online berbasis awan (cloud), yang menyediakan solusi untuk jenjang pendidikan dari SD, SMP, SMA, perguruan tinggi, sekolah ketrampilan, dan latihan untuk perusahaan besar

Pendidikan online semakin populer di jaman ini dengan kemudahan dan kecepatan akses Internet yang tersebar di seluruh dunia. Banyak institusi ternama dan perusahaan swasta berlomba-lomba untuk melakukan inovasi di dunia pendidikan, dari segi penyelenggara seperti universitas besar Stanford, Harvard, MIT, maupun dari segi infrastruktur yang berbasis awan (cloud).

Salah satu penyedia alat pengajaran online yang sangat berhasil dimana usaha tsb sudah menguntungkan adalah Desire2Learn. Perusahaan startup ini dibangun tahun 1999 dan berbasis di kota Waterloo, Ontario, Kanada, yang dikenal sebagai tempat kelahiran perusahaan pelopor ponsel pintar Research In Motion Ltd (RIM), si pencipta BlackBerry. Startup ini sudah berhasil mengaet 700 pelanggan dan melayani 8 juta siswa di seluruh dunia, dari kelas SD, SMP, SMA, perguruan tinggi, sekolah ketrampilan, dan latihan untuk perusahaan besar seperti yang terdaftar di Fortune 1000. Kebanyakan pelanggan berada di Amerika dengan populasi tertinggi berlokasi di New York. Karena bisnis penyedia alat pendidikan online semakin maju, saat ini jumlah pegawai ada sekitar 500-an, dibandingkan awal tahun masih sekitar 300-an. Selain berkantor di Kanada dan Amerika, Desire2Learn memiliki beberapa cabang yang dilengkapi dengan personil, antara lain di Eropa, Australia, Brazil dan Singapura.

Hari ini Desire2Learn mengumumkan bahwa perusahaan startup ini sudah menerima dana ventura sebesar $80 juta dollar. Tim kerja Desire2Learn boleh berbangga karena jumlah uang sebanyak ini merupakan suatu gebrakan di arena perangkat lunak dimana investasi ini termasuk yang terbesar yang pernah diberikan kepada perusahaan berbasis di Kanada. Uang investasi itu akan digunakan untuk menambah pegawai baru, tenaga teknisi, memperluas pemasaran dan meningkatkan penelitian. Dana segar ini juga akan dipakai untuk mengembangkan teknologi inovasi baru yang bisa meningkatkan kualitas pendidikan.

Pemberi modal untuk putaran pertama (Seri A) terdiri dari dua institusi yaitu New Enterprise Associates (NEA) dan OMERS Ventures. NEA adalah pemodal ventura terkemuka yang memiliki aset sekitar $13 miliar dollar yang berkantor di Washington, DC, Silicon Valley, dan New York City. Juga ada beberapa kantor yang tersebar di Asia termasuk di India di kota Bangalore dan Mumbai, dan di China, di kota Beijing dan Shanghai. Sedangkan OMERS adalah pemodal ventura yang merupakan gabungan dana pensiun terbesar di Kanada dengan aset lebih dari $55 miliar dollar.

(Logo: Desire2Learn)

About these ads

Trackbacks

  1. […] mendorong inovasi penyedia konten interaktif dari perusahaan startup (seperti, Tynker, Coursera, Desire2Learn) untuk dunia pendidikan berbasis di cloud (awan). Perusahaan teknologi startup akan berlomba-lomba […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s