UserTesting: layanan pengujian kegunaan situs web, aplikasi mobile, dan produk, dengan cara merekam video pendek untuk mendapatkan umpan balik dari pengguna dengan mudah, cepat, dan murah

Pemilik situs web seringkali merancang sebuah situs dan juga berperan sebagai manajer yang bertanggung jawab terhadap personil yang terdiri dari beberapa web-pengembang, desainer, ahli tampilan dan teknisi. Salah satu tugas pemilik situs web adalah melakukan perombakan kecil maupun besar yang diinginkan, tetapi tidak akan tahu bahwa desain yang baru dipermak benar-benar bekerja sampai ada orang-orang yang mulai menggunakannya. Layanan pengumpulan data lalu-lintas situs web dari penyelenggara seperti Omniture dan Google Analytics memungkinkan untuk pengukuran sejumlah tes A/B simultan, tetapi seringkali perusahaan harus membayar mahal dan menunggu hasil pengujian cukup lama untuk melakukan pengujian kegunaan situs web yang dilakukan oleh calon pemakai jasa dan calon pembeli. Pemilik situs web juga sering harus mengatur waktu yang sangat ketat untuk mencapai target tanggal peluncuran setelah melakukan perubahan tampilan. Untuk pengujian cepat biasanya dilakukan oleh teman-teman sekantor, tetapi tidak semuanya bisa memberikan umpan balik yang jujur dan bisa dipercaya, apalagi mengumpulkan data secara kualitatif selama melakukan pengujian diperlukan tenaga memasang alat yang diperlukan untuk menyimpan gerak-gerik selama menguji. Oleh karena itu, melakukan pengujian cukup rumit, misalnya untuk pemilik situs e-commerce, pemilik situs harus tahu persis pembeli yang akan menggunakan situs mereka untuk menemukan barang belanja dengan jelas ataukah pembeli frustasi mencari barang di situs.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan pengujian kegunaan situs web yang diungkapkan diatas, UserTesting.com menyediakan layanan pengujian kegunaan tercepat dan termurah di pasar, misalnya dengan 3 orang penguji hanya membayar sekitar $100 (1 juta Rupiah). Layanan ini memberikan pemilik situs web untuk memilih calon penguji yang sudah disaring oleh UserTesting.com berdasarkan demografi (penghasilan per bulan, jenis kelamin, usia, pendidikan, jumlah anggota keluarga, dll) dan geografi (kota besar, kota kecil, pinggiran kota, perdesaan, dll), supaya bisa mengartikulasikan secara jeli semua kriteria yang sudah ditetapkan dari awal pengujian. Pemilik situs web juga dapat meminta bantuan satu atau lebih penguji untuk melakukan uji coba lebih dalam ke situs web mereka sehingga mencapai tugas yang diharapkan, misalnya untuk situs e-commerce, dari klik ke produk sampai mengesekkan kartu kredit untuk membayar semua barang belanjaan. Cara pengoperasian UserTesting.com termasuk merekam pembicaraan dari penguji selama melakukan browsing ke situs web, gerakan klik juga direkam video, dan penguji juga harus menjawab semua pertanyaan dari pemilik situs web yang sudah disediakan sejak awal pengujian. Semua aktivitas ini direkam dan kemudian hasilnya tersedia secara online untuk pemilik situs web untuk menonton bersama tim kerja dan mitra kerja untuk memutuskan langkah berikutnya. UserTesting.com percaya hampir 70% pengujian menerima hasil pengujian dalam waktu 1 jam.

UserTesting.com didirikan di kota Mountain View, Silicon Valley, dekat markas mesin pencari Google. Perusahaan startup ini berhasil menarik investasi sebesar $3 juta dollar dari perusahaan ekuitas swasta Kern Whelan yang berbasis di kota San Francisco. Dengan hanya memiliki 30 karyawan hari ini, perusahaan ini sudah merangkul lebih dari 12.000 pengguna dan perusahaan besar yang terdiri dari Home Depot (toko bahan bangunan), eBay (layanan lelang online), Sears (toko peralatan rumah tangga), Zappos (toko sepatu), HP dan Dell (toko komputer pribadi). Dana baru akan dipakai untuk biaya pengembangan, terutama memperluas layanan kearah pengujian untuk aplikasi mobile dan pasar internasional.

(Images: top, Usertesting.com logo; middle, Usertesting.com “How it Works”; klik disini untuk menonton video demo)

About these ads

Trackbacks

  1. […] startup ini berhasil menjalin kemitraan dengan lebih dari 500 pelanggan, seperti Instacart, Twitch, UserTesting, Weebly, Pebble, dan lain […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s