VideoBlocks menciptakan inovasi bisnis model baru yang memungkinkan pelanggan mengakses konten (video, musik, efek suara) berkualitas tinggi tak terbatas dan tanpa memerlukan biaya lisensi yang rumit

Ketika kita menonton film di bioskop, kita sering melihat video klip (cuplikan 15 detik lamanya) yang menunjukkan suasana pemandangan kota dari udara, demikian juga ketika menonton film di televisi dengan suara efek yang menakjubkan, jangan heran kalau konten semacam itu sudah bisa dibeli dengan harga murah dan tanpa memerlukan biaya lisensi (royalti) yang rumit. Dengan kehadiran perangkat elektronik mobile, komputer tablet, dan ponsel pintar saat ini, perusahaan startup VideoBlocks melihat konsumsi video dan suara efek terus meningkat dan pasar semakin tumbuh pesat. Untuk meraup pasar ini VideoBlocks menciptakan inovasi bisnis model baru yang memungkinkan pelanggan mengakses konten berkualitas tinggi tak terbatas dengan harga terjangkau dan tanpa harus memikirkan ijin lisensi dan bebas royalti.

VideoBlocks adalah situs web berbasis langganan dan menawarkan perpustakaan konten yang mencakup lebih dari 50.000 video klip (contohnya, “Eagle Nebula”), efek suara, efek khusus, musik, untuk boleh didownload oleh pelanggan dengan mudah dan cepat. Sejak diluncurkan Januari 2011, situs web ini sudah diakses oleh beribu-ribu pelanggan dan sudah mendownload sekitar 5 juta video klip, video yang menunjukan latar belakang, efek musik, efek suara dan lain sebagainya. Pelanggan VideoBlocks meliputi jaringan televise dan perusahaan produksi film terkemuka, penggemar film pendek yang ingin menambah video klip dan efek suara untuk proyek mereka, profesional yang tidak terikat kontrak, dan usaha produksi video kecil yang berbasis di rumah. Selama promosi, perusahaan ini menyediakan akses kepada pelanggan baru dengan harga khusus yaitu hanya $99 (1 juta Rupiah) per tahun, dibandingkan harga standar sekitar $1000 (10 juta Rupiah) per tahun.

Belum juga merayakan ulang tahun kedua sejak diluncurkan, perusahaan startup ini sudah dilirik oleh beberapa investor yang bersedia menanam modal. Investasi putaran pertama (Seri A) sejumlah $10.5 juta, dipimpin oleh Updata Partners dan QED Investors. Uang sebanyak itu akan dipergunakan untuk pengembangan perpustakaan dengan mengakuisisi konten baru supaya jumlah konten menjadi dua kali lipat dari sekarang, dan diperkirakan akan mencapai 10 juta video klip, produksi musik, efek suara, pada bulan Desember 2012 ini. VideoBlocks juga akan menambah tenaga teknisi dan tenaga profesional untuk menciptakan konten lebih banyak.

(Screenshots: top, VideoBlocks $99 per year special offer; bottom, VideoBlocks hot videos)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s