Blu Homes: inovasi desain rumah modular yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan teknologi bangunan yang memungkinkan rumah bisa dilipat untuk transportasi, cepat dibangun, hemat biaya, dan pengaturan ruang dengan plafon tinggi (sekitar 5 meter)

Banyak penghuni rumah jaman sekarang yang cinta lingkungan dan ingin menghemat biaya energi listrik dan air mulai menggemari rumah model modular. Yang dimaksud rumah modular adalah rumah yang sudah dibangun di pabrik, kemudian dilipat, dikirim ke lokasi dengan truk ke pemilik tanah yang sudah dipilih, dan dirakit di tempat lokasi. Ada beberapa jenis rumah “knock down” yang dijual di pasar hari ini. Kelebihan rumah modular adalah metode membangun jauh lebih cepat daripada rumah tradisional.

Blu Homes adalah perusahaan startup yang membuat rumah modular yang ramah lingkungan dan bergaya minimalis. Startup ini menciptakan rumah modular dengan memanfaatkan inovasi teknologi bangunan terbaru yang lebih efisien dari segi bahan dan penggunaan air. Rumah modular buatan Blu Homes diperkirakan menghemat lebih dari 50 persen energi listrik dan air yang digunakan daripada rumah biasa. Keunggulan inovasi desain Blu Homes antara lain, rumah modular memiliki cahaya luar alami sehingga mengurangi kebutuhan menyalakan lampu dan menghemat energi. Demikian juga dengan sistem pendingin dan pemanas dapat menggunakan tenaga panel surya. Dari sisi pengaturan ruang, inovasi bahan bangunan dan rangka baja memungkinan rumah yang memiliki plafon tinggi (sekitar 5 meter). Selain lebih ekonomis, rumah modular tidak membutuhkan perawatan banyak dan juga dengan bahan bangunan yang lebih kuat (tahan gempa bumi) dibandingkan dengan konstruksi rumah biasa.

Rumah modular Blu Homes dibangun di sebuah pabrik di Vallejo (diutara kota San Francisco), California, yang diresmikan akhir tahun 2011.  Blu Homes menggunakan fasilitas pabrik berteknologi maju dengan memanfaatkan bekas galangan kapal dari Perang Dunia II yang sudah dibangun pada tahun 1940. Tidak heran jaman sekarang banyak walikota di Amerika yang ingin memanfaatkan bangunan/gedung lama dan dipermak menjadi pabrik atau kantor untuk melayani perusahaan-perusahaan yang lebih berinovatif di abad ke-21 ini. Pabrik ini mampu memproduksi lebih dari 1.000 rumah indah yang ramah lingkungan setiap tahun.

Blu Homes sudah dilirik oleh investor besar, salah satu investor dari negeri Belanda, Skagen Group memberi modal putaran pertama (Seri A) sejumlah $60 juta dollar. Sejak berdiri pada tahun 2008, perusahaan startup ini sudah mengumpulkan sebanyak $69 juta. Dana segar baru akan dipakai untuk memperluas pemasaran dan pengembangan inovasi teknologi bangunan. Ada kemungkinan juga modal baru akan dipakai untuk melakukan akuisisi terhadap pelaku bisnis lainnya.

(Images: right, Blue Homes logo; middle, contoh rumah modular; klik disini untuk menonton video demo)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s