Sulia: situs agregasi berita yang menyaring konten berdasarkan topik dari sumber terpercaya, termasuk blog, situs media, penerbit, di tambah dengan update dari saluran sosial yang relevan secara instan

Hampir setiap hari kita disuguhi berbagai topik pembicaraan yang bersumber dari keadaan keluarga, berita dunia/nasional, pertandingan olahraga tim kesayangan kita, gosip selebriti Hollywood, isu politik, hobi, karier, perkembangan perusahaan tempat kita bekerja, yang mana topik-topik semacam itu pada umumnya ada sebagian yang berhubungan dengan kepentingan kita sehari-hari. Karena jumlah sumber dan jumlah topik yang tak terbatas, maka kita seringkali menghadapi kesulitan untuk menyortir dan menghabiskan waktu banyak untuk mencari yang cocok dengan selera, keadaan, dan kepentingan kita.

Kehadiran perusahaan startup Sulia akan mengatasi masalah yang disebut diatas ini. Keunikan Sulia dari semua situs yang berhubungan dengan agregasi berita adalah membedakan topik berita berdasarkan kepentingan si pembaca, menyaring berita yang berhubungan dengan topik dari beberapa saluran jaringan sosial (misalnya, Twitter) dan mengumpulkan pengguna dari jaringan sosial termasuk Facebook. Dengan menggunakan inovasi algoritma yang canggih, Sulia mengidentifikasi sumber berita yang dianggap terbaik dan menyortir ribuan topik yang ada. Semua konten difilter dari sumber-sumber terpercaya, termasuk blog, jaringan sosial, situs media, penerbit, dan sebagainya. Agregasi berita kemudian di tambah ekstra update dari saluran sosial yang relevan secara instan.

Startup yang berbasis di kota New York City ini mengkaryakan 10 orang karyawan. Sejak Desember 2010, startup ini mulai memakai nama Sulia yang sebelumnya beralih dari usaha lama yang bernama TLists. Pada kesempatan perubahan nama, Sulia menarik modal sejumlah $3.5 juta dollar dari beberapa investor termasuk FirstMark Capital, RSL Venture Partners, IA Ventures, dan Village Ventures.

(Image: top, Sulia logo; middle, screenshot Sulia “iPhone 5” topic)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s