Familiar: aplikasi yang memungkinkan pengguna berbagi foto dengan cepat dengan anggota keluarga dan teman dekat secara pribadi, khusus melayani bingkai foto yang dijalankan dengan sistem operasi multi platform, termasuk Android, Kindle Fire, iPhone, iPad, dan komputer pribadi jenis Mac dan Windows

Seringkali kita mengirim foto kepada anggota keluarga tercinta dan teman dekat secara pribadi, akan tetapi mereka tidak menemukan cara mudah untuk membuka file ataupun men-download foto ke komputer pribadi maupun ke telepon genggam mereka. Kadang kita memasang foto di dinding Facebook, akan tetapi ada sebagian foto yang bersifat pribadi dan tidak dimaksudkan untuk dibagi-bagikan. Maka aplikasi Familiar diciptakan untuk pengguna yang tingkat ketangkasan teknologi sangat rendah supaya mereka bisa melihat foto dengan mudah, instan, dan terhubung secara pribadi di seluruh dunia.

Kebetulan pendiri Familiar adalah seorang ayah muda bernama Marcus Womack dengan dua anak yang masih kecil. Ayah muda ini seringkali mengalami kesulitan mengirim foto ke opa dan oma yang mana tingkat ketangkasan teknologi mereka masih rendah. Marcus Womack ingin menciptakan aplikasi yang memudahkan pengguna melihat foto dengan mulus dan memberikan kesempatan kepada penerima foto men-download foto dalam ukuran resolusi tinggi. Sebelum mendirikan Familiar pada tahun 2011 bersama beberapa rekan kerjanya dari perusahaan iLike, Marcus Womack pernah bekerja di perusahaan raksasa perangkat lunak Microsoft. iLike adalah situs yang melayani musik sosial dimana perusahaan startup ini diakuisisi oleh MySpace (jaringan sosial) pada tahun 2009, ketika jaringan sosial MySpace mulai mengalami kekalahan melawan Facebook.

Sejak berdirinya Familiar, perusahaan startup ini meluncurkan aplikasi mereka satu per satu dengan pola pengembangan inovasi teknologi yang terus diperbarui dan mengantisipasi pengguna yang menggunakan perangkat beragam, yang dijalankan dengan sistem operasi multi platform. Pertama kali meluncurkan aplikasi untuk tablet iPad pada akhir Maret 2012. Aplikasi ini memungkinkan pengguna melihat foto resolusi tinggi dengan berbagai cara termasuk dalam ukuran bingkai besar dan ukuran tumpuk tiga foto. Selang sehari kemudian, Familiar meluncurkan aplikasi untuk iPhone. Kemudian pada pertengahan bulan April 2012, Familiar merilis aplikasi untuk telepon pintar dan tablet yang dijalankan dengan sistem operasi Google Android (misalnya, Samsung Galaxy). Hingga pertengahan bulan Juli tahun ini, tim teknisi baru meluncurkan aplikasi khusus untuk komputer pribadi yang dijalankan dengan sistem operasi Mac dan Windows. Karena mendapat banyak umpan balik dari pengguna, maka akhir bulan Agustus lalu, Familiar menambahkan fitur yang memberikan kemudahan kepada pengirim dan penerima foto menulis komentar atas setiap foto.

Jumlah pengguna semakin hari semakin banyak dan perusahaan ini mengumumkan bahwa mereka sudah berhasil menayangkan lebih dari 20 juta foto setiap bulan, data berdasarkan bulan Agustus ini.  Bukan cuma jumlah pemakai semakin bertambah, demikian juga jumlah modalpun ikut meningkat.  Familiar membeberkan sudah menerima investasi sebesar $1.3 juta dollar dari beberapa investor terkenal, termasuk Greylock Partners, Redpoint Ventures, Index Ventures, Acequia Capital dan Allen & Company.

(Images: top right, Familiar logo; middle, homepage)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s