ExpenseCloud: penyedia solusi untuk mengelola laporan biaya pengeluaran berbasis awan (cloud) bagi yang memakai perangkat komputer pribadi maupun ponsel, termasuk dari proses membuat, mengajukan, dan menyetujui

Bagi karyawan perkantoran yang sering keluar kota mengikuti konferensi ataupun melakukan kunjungan bisnis ke kantor cabang, boleh dibilang hampir semuanya malas melakukan pengajuan laporan biaya pengeluaran. Apalagi sudah lelah setelah keluar kota, karyawan masih harus menyimpan tanda terima pengeluaran uang tunai dan bukti kartu kredit untuk biaya taksi, sewa mobil, ongkos bensin, biaya makan di restoran, biaya penginapan, biaya tak terduga, dan sebagainya. Tidak cuma menyimpan bukti pembayaran, akan tetapi masih harus memasukkan informasi dari tanda terima dan bukti kartu kredit selama perjalanan kedalam spredasheet Excel supaya kelihatan rapi dan teratur sesuai dengan format dari kantor yang sudah diterapkan oleh departemen akuntansi.

ExpenseCloud menyediakan solusi akuntansi berbasis cloud yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengajukan, dan menyetujui laporan pengeluaran secara online.  Karena semuanya dilakukan online, sehingga mempercepat proses dan mudah mendapatkan persetujuan secara instan dari atasan. Aplikasi ini cocok untuk melayani usaha kecil sampai ukuran menengah. ExpenseCloud menyediakan aplikasi untuk perangkat yang dijalankan dengan sistem operasi iOS (iPad, iPhone), BlackBerry (solusi ini cocok untuk perkantoran di Indonesia, karena jumlah pengguna ponsel pintar jenis OS ini terbanyak), dan Google Android. Hampir semua jenis ponsel pintar bisa dipakai untuk mencatat pengeluaran termasuk mengambil foto dari kertas tanda terima pengeluaran, sehingga karyawan tidak perlu terus menerus mengantongi tanda terima selama perjalanan. Fitur terbaru yaitu disediakan peta (Google Maps) supaya pengguna bisa merekam jarak tempuh yang mana bisa menghitung ongkos bensin selama perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Aplikasi ExpenseCloud juga mengijinkan pengguna mengimpor pengeluaran dari sekitar 11 ribu macam kartu kredit dan kartu debit dari bank di seluruh dunia. Demikian juga pengguna bisa menyetel kapan laporan pengeluaran kartu kredit dari bank bisa diimpor secara otomatis online, misalnya dalam kurun waktu satu hari, satu minggu, maupun satu bulan. Aplikasi ini juga membantu pengguna yang suka keluar negeri, dimana app ini mendukung 160 jenis mata uang. Selain memudahkan untuk mengkonversi pengeluaran kedalam standar mata uang yang dipakai perusahaan, app ini juga menghitung biaya bank setelah mata uang asing dikonversi ke mata uang lokal.

Untuk memudahkan pelacakan dan penggantian biaya kantor dengan cepat, salah satu keunggulan ExpenseCloud adalah aplikasi ini memiliki terobosan inovasi teknologi yang memungkinkan integrasi dengan berbagai perangkat lunak terkemuka untuk akuntansi yang berbasis cloud (SaaS). Ini termasuk melalui Netsuite, Intacct, FreshBooks, dan QuickBooks (perangkat lunak yang sangat terkenal untuk laporan perpajakan).

Perusahaan startup ExpenseCloud memiliki kantor pusat di kota Santa Monica dengan komunitas pantai yang terkenal di sebelah barat kota Los Angeles. ExpenseCloud adalah anak perusahaan TriNet yang mengelola sumber daya manusia untuk perusahaan kecil sampai menengah dan sebagai kantor pembukuan untuk pengajian karyawan perkantoran. Harga penawaran aplikasi ExpenseCloud untuk satu pengguna adalah gratis. Untuk dua pengguna atau lebih, dikenakan biaya $10 per orang per bulan (100 ribu Rupiah). Sedangkan untuk 10 orang lebih dikenakan biaya sebesar $90 per bulan (sekitar 900 ribu Rupiah).

(Images: top right, ExpenseCloud iTunes app logo; middle, iPad app screenshot; click here to watch a video demo)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s