HotelTonight: aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk memesan kamar hotel malam ini juga, meluncuran aplikasi baru versi 4.0 dengan menambahkan daftar hotel yang sudah diberi peringkat oleh pengguna yang pernah memesannya dan pilihan hotel semakin diperluas dengan mengandalkan personalisasi pengalaman pemesanan sebelumnya

Kebutuhan untuk memesan hotel termasuk salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh pengguna Internet ketika mereka ingin merencanakan perjalanan keluar kota baik untuk urusan bisnis maupun untuk bersenang-senang. Situs web tradisional yang menyediakan layanan pemesanan hotel seperti Expedia, Kayak, Priceline, dan sebagainya, sudah lama meluncurkan aplikasi mobile untuk menarik minat para wisatawan supaya bisa memesan hotel dengan mudah dan dimana saja, akan tetapi pola pemesanan hotel biasanya sudah dilakukan beberapa hari sebelumnya.

Sedangkan salah satu nilai jual dari HotelTonight adalah menyediakan aplikasi khusus untuk perangkat mobile, Android, iPad dan iPhone yang memungkinkan pengguna untuk memesan kamar hotel malam ini juga dengan tawaran manis dan harga diskon.  Cara kerja  HotelTonight berbeda dengan pemain-pemain besar yang sudah disebutkan diatas, pemesan hanya bisa memesan hotel melalui aplikasi ponsel pintar dan tablet, tetapi belum tersedia melalui situs web. Aplikasi HotelTonight menyediakan pemesanan hotel yang sangat mudah bagi pengguna untuk menemukan persediaan kamar hotel yang masih kosong sampai larut malam. Sedangkan keuntungan untuk pemilik hotel termasuk menemukan pasar untuk mengisi kamar kosong pada menit-menit terakhir.

Setelah aplikasi HotelTonight di-download sebanyak 3 juta kali oleh pengguna di seluruh dunia, hari ini tim teknisi meluncuran aplikasi yang diperbarui yang dijuluki versi 4.0 (membutuhkan 14.5 MB space), khusus untuk perangkat mobile yang dijalankan dengan sistem operasi Google Android (Samsung Galaxy) dan Apple iOS (iPad dan iPhone). Dengan mendulang data historis pemesanan hotel yang sudah dilakukan sebelumnya, versi 4.0 dilengkapi dengan kepintaran untuk memahami lebih dalam minat para wisatawan yang sudah pernah menggunakan aplikasi ini. HotelTonight menawarkan opsi berdasarkan personalisasi pengalaman pemesanan hotel sebelumnya, jadi pengguna aplikasi tidak dibanjiri oleh tawaran-tawaran kamar kosong dari hotel-hotel yang sengaja mengobral dengan harga murah. Sedangkan pada peluncuran hari ini, aplikasi versi 4.0 juga memperluas opsi pilihan hotel, pengguna bisa menemukan hotel yang beragam kategori termasuk hotel berbintang (Luxe), hotel standar (Basic), hotel yang disukai oleh pengguna lainnya (Hip), hotel terdekat dengan tujuan wisata, hotel yang sudah pernah dikunjungi, dan sebagainya. Demikian juga aplikasi versi terbaru ini memberikan opsi untuk menemukan hotel yang mirip dengan tempat-tempat yang sudah pernah dipesan sebelumnya.

Perusahaan startup HotelTonight didirikan pada bulan Desember 2010 dan berbasis di pusat kota San Francisco. Perusahaan ini telah mengumpulkan dana lebih dari $35 juta dollar dari beberapa investor terkenal di Silicon Valley, termasuk Accel Partners, Battery Ventures, First Round Capital, U.S. Venture Partners, dan dari beberapa investor yang bersifat pribadi. Dengan modal ventura cukup besar, perusahaan startup ini terus mengembangkan inovasi aplikasi ponsel pintar dan tablet dengan ide-ide baru untuk meraup pasar didunia perhotelan. Karena sampai hari ini HotelTonight baru menyediakan layanan hotel untuk sekitar 50 kota besar dan tujuan wisata di Amerika Serikat, Inggris dan Kanada, maka untuk meraup pangsa pasar yang lebih besar, startup ini akan menjelajah ke negara-negara lainnya, khususnya di Eropa.

(Images: top right, HotelTonight iTunes app logo; middle right, Twitter update; bottom left, HotelTonight iPhone app)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s