Mobli: platform yang memungkinkan pengguna berbagi foto dan video secara instan dengan memanfaatkan kekuatan ponsel pintar, dimana penataan konten terbagi atas topik seperti tempat, peristiwa, orang, barang, dan sebagainya

Hampir setiap detik ada seseorang yang mengambil gambar atau video dengan ponsel pintar mereka, akan tetapi sayang sekali mereka hanya ingin berbagi dengan sebuah jaringan kecil teman-teman dan anggota keluarga sendiri. Akan tetapi kadangkala ada juga orang yang ingin apa saja yang mereka lihat seketika itu, mereka ingin mengambil foto dan merekam video kejadian tsb, dan ingin berbagi kepada semua orang didunia supaya dapat melihatnya.

Mobli adalah platform yang memungkinkan pengguna berbagi foto dan video secara instan ke seluruh dunia dengan mudah. Mobli menata dan menyaring semua foto dan video berkualitas tinggi yang diambil dengan ponsel pintar berdasarkan topik. Topik terdiri atas tempat (lokasi), peristiwa (acara-acara khusus), pengalaman, aktivitas (pergi ke konser), orang (pemain olahraga, bintang film), barang (mobil mewah), dan sebagainya. Contohnya, penonton konser berbagi siaran video langsung dari ruang konser kepada orang lain yang diambil melalui ponsel pintar. Contoh lainnya, upacara pernikahan, pengguna bisa berbagi foto dan video ke keluarga secara instan.

Keunggulan Mobli adalah mendorong pengguna untuk menyetujui topik apa saja untuk setiap gambar dan video yang diambil beserta lokasi dan kepentingan mereka. Untuk melihat foto dan video, Mobli mengijinkan pengguna lainnya yang tidak berteman dengan pengguna untuk ikut nimbrung melihat dan mengomentari gambar dan video. Keunikan Mobli yaitu menyediakan situs web yang terintegrasi untuk menerima semua konten yang diambil lewat aplikasi yang dijalankan oleh sistem operasi iPhone, Android dan Blackberry. Dengan ini, situs web ini bertindak sebagai portal untuk jaringan media sosial yang mengumpulkan semua jenis gambar dan video supaya orang lain bisa melihatnya. Secara garis besar, bisnis strategi perusahaan ini akan menjadi semacam mesin pencari yang menyediakan layanan bagi pengguna yang ingin mencari gambar dan video untuk topik tertentu. Apabila jumlah pengguna sudah banyak kelak, maka pengunjung Internet tidak perlu lagi mengunjungi mesin pencari seperti Google dan Bing, pengunjung cukup mengunjungi situs Mobli untuk mencari gambar dan video.

Sejak Instagram (aplikasi untuk mengambil foto lewat ponsel) dibeli oleh Facebook awal bulan April tahun ini, dan dilanjutkan dengan Google mengakuisi aplikasi foto Snapseed awal minggu ini, semakin banyak investor yang ingin menaruh uang mereka di dunia perfotoan dan rekaman video. Untuk pendanaan putaran kedua (Seri B), Mobli berhasil merangkul beberapa investor dan menambah modal sebesar $22 juta. Investor terbesar pada putaran ini adalah konglomerat yang berasal dari negara Kazakhstan yang merupakan tokoh yang sangat berpengaruh di negara Asia Tengah ini. Tidak tanggung-tanggung juga Mobli berhasil menarik hati beberapa bintang film Hollywood terkenal termasuk Leonardo DiCaprio (film “Titanic”), Tobey Maguire (film “Spider-Man), dan beberapa pemain olahraga terkenal termasuk Serena Williams (pemain tennis wanita) dan Lance Armstrong (pembalap sepeda). Para selebriti ini menanam $2 juta pada putaran ini. Sejak didirikan awal Agustus 2010 di kota New York, Mobli sudah menarik dana sejumlah $28 juta. Aplikasi Mobli sudah dipakai oleh sekitar 3 juta sampai 4 juta pengguna di seluruh dunia.

(Images: top, Mobli logo; middle, iPhone app; bottom; Mobli homepage)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s