Space-Time Insight: perangkat lunak intelijen untuk mengubah data spasial geografi ke dalam tampilan visual, suatu solusi yang digunakan ketika membuat keputusan cepat untuk mencegah krisis, juga dipakai untuk mengelola asset, sumber daya negara maupun perusahaan besar

Kalau kita menonton film perang atau film action seringkali ditunjukkan pusat kendali (control center) department pertahanan untuk mengendalikan situasi di lapangan yang terdiri dari beberapa layar besar. Salah satu layar besar akan menunjukkan peta kota atau peta negara dengan tampilan visual yang terdiri dari keadaan cuaca, distribusi asset dan sumber daya negara, dan sebagainya. Tampilan visual semacam itu biasanya dipakai oleh pemimpin untuk segera mengambil tindakan bila ada sesuatu yang salah dan memudahkan pemimpin membuat keputusan cepat untuk mencegah krisis.

Space-Time Insight adalah perusahaan startup yang menyediakan perangkat lunak intelijen untuk mengubah data spasial geografi ke dalam tampilan visual. Didunia nyata hari ini, tampilan visual semakin penting untuk mengelola asset, sumber daya negara maupun perusahaan besar. Banyak institusi negara dan perusahaan besar mendulang data secara instan dan membuat model spasial geografi yang menampilkan pemetaan besar untuk membantu memahami situasi di lapangan. Space-Time Insight menyediakan solusi untuk berbagai industri kelas berat termasuk layanan pembangkit tenaga listrik, industi perminyakan dan gas, transportasi kota, dan jaringan telekomunikasi.

Untuk melihat dunia nyata yang penggunaannya sudah diterapkan di negara bagian California, Space-Time Insight bekerja sama dengan California Independent System Operator (ISO) mendulang data secara instan untuk membangun suatu sistem penyebaran tenaga listrik yang lebih efisien, yang mana tampilan visual dipakai untuk mengelola sumber energi terbarukan dan tradisional. California ISO mampu menunjukkan pemetaan skala besar dengan menganalisa data dari berbagai sumber pembangkit listrik di negara bagian terbesar di Amerika. Dengan tampilan visual, tenaga ahli di pusat kendali bisa mendeteksi situasi dan kondisi pembangkit listrik sehingga bisa menjaga kestabilan dan memaksimalkan penggunaan sumber daya alternatif, termasuk mengoptimalkan sensor pengantar listrik, sumber tenaga angin, dan sumber tenaga surya. Jadi dengan memanfaatkan inovasi teknologi dari Space-Time Insight, perusahaan dapat melihat data dalam bentuk tampilan gambar dan menganalisa sumber daya mereka lebih cepat supaya bisa merespon gangguan dalam pelayanan, menghindari risiko, sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendapatkan untung lebih banyak.

Selain sudah memenangkan berbagai penghargaan, misalnya menerima piala inovasi dari Platts Global Energy Awards akhir tahun 2011 lalu, Space-Time Insight juga berhasil menarik pendanaan dari beberapa investor. Pada pendanaan putaran kedua (Seri B) yang diumumkan hari ini, perusahaan startup ini berhasil menggaet $14 juta dollar dari EnerTech Capital, Novus Energy Partners, dan ClearSky Power & Technology Fund. Investasi pada putaran pertama (Seri A) didukung oleh Opus Capital Ventures dan Start Up Farms International (SUFI). Sejak didirikan tahun 2007 di kota Fremont yang terletak di selatan kota San Francisco, startup ini diperkirakan sudah mengumpulkan dana sekitar $16 juta dollar.

(Images: top, Space-Time Insight logo; middle, California Independent System Operator (ISO) control center; bottom, Situational Intelligence view)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s