SoundHound: aplikasi pengenalan suara untuk mengidentifikasikan lagu, menemukan musik dan lirik, mencari info tentang artis, berbagi dengan teman-teman, dan berbelanja musik online, menembus 100 juta pengguna di seluruh dunia

Kalau kita sedang asyik makan di restoran, berbelanja di toko, berjoget di diskotik, ataupun sedang mendengarkan lagu di radio FM, kita ingin secepatnya mengetahui lagu apa yang sedang diputar dan siapakah penyanyinya. Aplikasi pengenalan lagu sudah lama diciptakan oleh perusahaan teknologi seperti aplikasi dari Shazam yang sudah diluncurkan untuk iPhone sejak tahun 2008 dan berhasil menarik 250 juta pengguna sampai bulan September 2012 ini. Sedangkan pendatang baru untuk pengenalan suara adalah perusahaan startup SoundHound yang berganti merek pada bulan Januari 2010 dengan kekuatan awal sekitar 2 juta pengguna.

SoundHound menyediakan aplikasi pengenalan musik tercepat di dunia dan mengungkapkan lagu apa yang sedang dimainkan (nama lagu). SoundHound memiliki fitur yang dinamakan LiveLyrics untuk memperkenalkan lirik dan note lagu untuk membantu pemain musik memainkan lagu, sekaligus menyediakan info tentang artis yang menyanyikan lagu yang baru saja didengarkan. SoundHound juga membantu pengguna aplikasi untuk berbelanja musik secara online. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan Twitter dan Facebook untuk memudahkan pengguna berbagi dengan teman-teman dan anggota keluarga lainnya.

Keunggulan SoundHound dari aplikasi lainnya seperti Shazam terletak pada pengenalan suara pengguna dimana aplikasi SoundHound memungkinkan pengguna bernyanyi dengan suara asli mereka dan membiarkan SoundHound untuk mengidentifikasi lagu yang sedang dinyanyikan. Terobosan inovasi teknologi pengenalan suara pengguna dengan instan-respon ini membantu SoundHound tetap bisa bersaing di arena pengenalan suara dan musik sampai hari ini. Tidak heran sudah lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia men-download aplikasi ini sampai bulan September 2012 ini. Kalau dibandingkan sebelas bulan yang lalu, tepatnya akhir Oktober 2011, jumlah pengguna masih sekitar 50 juta. Diperkirakan sekitar 200.000 pengguna baru yang datang men-download setiap hari. Kebanyakan pengguna SoundHound berasal dari dua platform mobile yang terkenal dengan jumlah pemakai terbesar di dunia ponsel pintar, yaitu Apple iOS dan Google Android.

SoundHound berkantor pusat di kawasan industri high tech Silicon Valley, persisnya di kota San Jose, California. SoundHound didukung oleh beberapa investor terkemuka di Silicon Valley, termasuk Global Catalyst Partners, TransLink Capital, dan Walden Venture Capital.

(Image: top right, SoundHound logo; middle, SoundHound iTunes app; click here to watch a video demo)

About these ads

Comments

  1. enak ngebacanya jd tambah wawasan.

  2. Great blog here! Also your site loads up very fast! What host
    are you using? Can I get your affiliate link to your host?
    I wish my site loaded up as quickly as yours lol

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s