Parking Panda: aplikasi untuk memesan tempat parkir mobil di pusat keramaian dan pada acara besar (olahraga, konser), juga menyediakan layanan menemukan tempat parkir pada menit-menit terakhir di pusat kota

Apabila kita mempunyai rencana menghadiri pertandingan olahraga atau pertunjukan konser di pusat keramaian di kota-kota besar, kita seringkali harus berurusan dengan satu hal yang cukup penting yaitu mencari tempat parkir mobil. Dengan lalu lintas yang sangat padat, kadang kita harus berkeliling beberapa blok mencari garasi umum dan lapangan parkir yang sudah terisi penuh, dan masih harus membayar ongkos parkir catutan yang lebih tinggi dari harga resmi yang mana bisa-bisa mencapai $35-50 (350-500 ribu Rupiah) untuk satu acara besar. Akibat urusan parkir mobil, maka kita seringkali membatalkan niat baik untuk menghadiri acara penting di pusat keramaian kota.

Parking Panda menyediakan layanan online untuk memecahkan masalah parkir mobil di kota besar. Layanan ini bisa diakses lewat situs web dan tersedia aplikasi iPhone yang diluncurkan pada 15 Agustus lalu untuk membantu pemilik mobil menemukan dan memesan tempat parkir lebih awal. Cara kerja Parking Panda hampir sama dengan layanan dari QuickPay.com dan ParkatmyHouse.com yang sudah dibahas beberapa waktu yang lalu. QuickPay.com berbasis di Silicon Valley dan melayani kota San Fransisco dan sekitarnya, sedangkan ParkatmyHouse.com berbasis di negara Inggris dan mulai mencari peluang di kawasan pantai barat Amerika (California). Parking Panda bekerja sama dengan perusahaan komersial penyedia garasi umum dan lapangan parkir.

Disamping ingin membantu pemilik mobil menghemat uang dan waktu dengan memesan tempat parkir lebih awal. Keistimewaan Parking Panda dan inovasi bisnis yaitu bekerja sama dengan pemilik parkir pribadi dan pemilik halaman rumah untuk menyewakan ruang parkir yang tidak dipakai, yang mana cara kerja ini sangat mirip sekali dengan ParkatmyHouse.com. Pemilik garasi pribadi dan pemilik halaman parkir memasukkan foto ruang parkir yang tersedia berikut jadwalnya dan memberikan keterangan singkat mengenai lokasi yang disediakan. Keuntungan Parking Panda bekerja sama dengan pemilik garasi pribadi dan pemilik halaman pribadi adalah lokasi letaknya parkir biasanya tidak jauh dari pusat keramaian (misalnya, stadion olahraga) dimana posisi parkir tsb masih terjangkau dengan berjalan kaki. Setelah mengisi informasi merek dan jenis mobil, pemilik mobil boleh memesan ruang parkir dengan melihat daftar parkir yang tersedia di situs web dan lewat aplikasi iPhone (aplikasi untuk Android masih dalam taraf pengembangan). Pembayaran dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, sehingga tidak dibutuhkan interaksi antara pemilik ruang parkir dan pemilik mobil.

Ide bekerja sama dengan pemilik parkir pribadi sangat cocok dengan lokasi berdirinya perusahaan startup yang dimulai sejak bulan April 2011 di kota Baltimore (pantai Timur di Amerika), dimana banyak pemilik rumah bersedia menyewakan lahan parkir mereka dengan harga yang pantas didekat pusat keramaian di kota ini. Atraksi di pusat kota termasuk stadion olahraga untuk sepakbola, football, baseball, dan acara konser yang banyak dihadiri oleh penonton lokal dan dari kota-kota sekitarnya. Kemudian ide untuk membuat reservasi parkir mobil dikembangkan ke kota tetangganya di Washington, DC.

Tim kerja Parking Panda berjanji untuk segera mengembangkan ide ini ke kota-kota lainnya di Amerika seperti Philadelphia, New York dan Chicago. Mulai awal minggu ini, startup ini memasuki pasar di kota San Francisco dan kota Oakland, California. Bekerja sama dengan perusahaan penyedia garasi umum lokal dan pemilik rumah yang dekat dengan pusat keramaian, perusahaan ini sudah berhasil merangkul sekitar 20.000 ruang parkir yang tersedia secara online lewat situs web dan lewat aplikasi mobil. Untuk tahap pengembangan selanjutnya, startup ini mulai melirik peluang bisnis melayani parkir untuk restoran dan bar yang sangat ramai dikunjungi oleh langganan mereka, tetapi tetapi ruang parkir sangat terbatas.

(Images: top, Parking Panda logo; middle, Parking Panda iPhone app, search house parking; klik disini untuk menonton video demo)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s