CaterCow: menyediakan pasar katering untuk memesan makanan dan mempublikasikan layanan restoran lokal untuk grup, sudah melayani secara eksklusif di kota New York City, mempunyai rencana ekspansi bisnis ke Silicon Valley

Untuk acara kumpul-kumpul makan siang atau makan malam di kantor, maupun untuk acara pribadi seperti pesta ulang tahun, perkawinan, dan lain sebagainya, kita seringkali mengalami kerumitan untuk memesan makanan istimewa untuk grup dari restoran lokal, ataupun menyewa satu truk makanan untuk hari spesial. Demikian halnya dengan usaha kecil untuk industri restoran, mereka lebih binggung mengolah dan menyiapkan makanan bagi langganan yang akan datang makan ke restoran mereka daripada mencari solusi untuk memasarkan layanan katering untuk grup.

CaterCow menyediakan semacam pasar online untuk menjual berbagai layanan katering dari restoran lokal, sehingga pemilik restoran bisa menjual dan mempublikasikan layanan mereka secara online. Restoran lokal cukup menyediakan menu dan daftar harga. Sedangkan CaterCow menyediakan pemasaran situs web dan aplikasi mobile yang mana CaterCow akan mengambil ongkos layanan sebesar 11% dari total pesanan. Layanan ini juga membantu pembuat acara dan organisasi perancang event, karena mereka tidak perlu lagi keliling kota mencari restoran yang bersedia melayani katering.

Salah satu pendiri CaterCow, Carly Chamberlain, bekas karyawan Airbnb.com (perusahaan penyedia layanan penyewaan kamar dan rumah wisata), ketika mendirikan CaterCow bulan April 2012 lalu berpikir bahwa usaha katering seharusnya semudah seperti “pemesanan kamar hotel.” Maka kehadiran layanan CaterCow bertujuan untuk menghilangkan masalah pemesanan makanan untuk grup, terutama menyediakan solusi ketika menghadapi kerumitan untuk membayar katering untuk layanan restoran lokal. CaterCow ibarat “one-stop shop” untuk segala macam urusan makanan yang memberikan kemudahan untuk pemilik restoran dan pengurus acara.

Sebenarnya ide CaterCow di bidang katering bukanlah sesuatu yang baru, kelebihan layanan dari CaterCow terletak dari kesederhanaan cara memesan katering, harga yang relatif standar dan terjangkau, dan sekaligus menyediakan layanan penyewaan truk makanan dari pemilik truk makanan lokal. Saat ini CaterCow sudah menyediakan layanan secara eksklusif di kota New York City, tetapi sebelum akhir tahun ini, startup ini akan melakukan ekspansi ke kawasan Silicon Valley, khususnya ke kota San Francisco. Walaupun CaterCow belum mengumumkan pendanaan dari pemodal ventura, diperkirakan startup ini akan mengincar pasar di kota-kota besar di Amerika dalam waktu satu tahun kedepan.

Salah satu saingan di dunia usaha katering yang mengandalkan inovasi teknologi sudah diluncurkan oleh perusahaan startup ZeroCater, yang saat ini masih melayani kawasan Silicon Valley. Banyak pengamat teknologi percaya bahwa ZeroCater termasuk salah satu startup yang cukup berpotensial dan sudah berhasil mengandeng banyak restoran lokal dengan sangat baik. ZeroCater sudah menerima pendanaan sejumlah $1.5 juta dari beberapa investor kawakan di Silicon Valley termasuk Yuri Milner (pemodal Facebook yang berasal dari Rusia), Y Combinator, dan SV Angel (yang baru-baru ini memberikan modal untuk YourMechanic yang memenangkan kompetisi TechCrunch Disrupt bulan September tahun ini).

(Images: top middle, CaterCow homepage; bottom, ZeroCater logo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s