Vimbly: aplikasi web yang memberikan kenyamanan untuk mencari tempat dan jadwal les, kursus, atau kegiatan terdekat rumah, dengan harga menawan (kadang-kadang gratis) dan dapat dipesan sekarang juga

Karena sibuk bekerja di kantor dari Senin sampai Jumat, seringkali penghuni kota besar kebinggungan mencari kegiatan pada menit-menit terakhir, terutama untuk mengisi acara akhir minggu. Kota besar biasanya disuguhi berbagai aktivitas rekreasi yang tersebar dimana-mana dan tak terbatas jumlahnya. Aktivitas rekreasi misalnya belajar fotografi, les memasak, kursus membuat kue, kelas belajar mengenali dan mencicipi minuman anggur (wine), dan lain sebagainya. Akan tetapi untuk mendaftarkan diri dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang dekat dengan rumah kita, membutuhkan penelitian sungguh-sungguh di Internet, termasuk membanding-bandingkan jenis kursus yang tersedia, mengangkat telepon dan menelepon tempat kursus untuk mendaftarkan diri dan menanyakan harga dan jam kursus, atau mengirim beberapa email bolak-balik untuk mendapatkan info lebih jelas. Malah kita harus merubah jadwal kegiatan kita sehari-hari atau membolos kerja supaya bisa cocok dengan jadwal les yang tersedia.

Sebuah situs web telah diluncurkan di kota New York City, aplikasi web yang dikenal dengan nama Vimbly, dimana aplikasi ini memberikan kenyamanan kepada pengguna menemukan aktivitas favorit dan memudahkan proses perencanaan kegiatan sehari-hari setelah jam kantor dan mengisi acara akhir minggu. Supaya tidak membingungkan pemakai, situs ini dibuat sangat sederhana. Di halaman utama di pasang sebuat peta lokal, dengan pemisahaan fitur berdasarkan jadwal dari hari Senin sampai Minggu, daftar harga dengan batas harga tertinggi dan terendah (kadang-kadang kursus diberikan gratis), dan jam kegiatan dimulai. Di bagian tengah halaman, dipasang tabel hasil dari pencarian dengan limitasi yang ditampilkan dalam bentuk kelender, yang terbagi atas kolom “nama aktivitas,” “harga,” dan “jumlah waktu.” Kalau pengguna sudah setuju dengan aktivitas di tabel tsb, mereka diperbolehkan memesan langsung dan membayar dengan kartu kredit atau menggunakan alat pembayaran online sejenis PayPal.

Keunggulan aplikasi Vimbly terletak di kemudahan, kenyamanan, dan menghemat waktu untuk merencanakan aktivitas dengan mencocokkan kalender kita. Vimbly menyediakan urutan aktivitas berdasarkan harga yang terjangkau bagi pengguna. Salah satu bagian dari navigasi di sebelah kiri yang disebut “Make Me Interesting” (“Membuat Diriku Menjadi Menarik”) menyajikan beberapa pilihan sub-kategori yang meliputi “Adrenaline” (aktivitas yang memakai tenaga banyak dan otot, seperti berselancar di laut, menyelam, panjat gunung), “Crafty” (aktivitas berhubungan dengan seni, seperti melipat origami), dan “Risque” (aktivitas yang mengandung sedikit resiko, misalnya belajar menari perut, menari di tiang).

Selain kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan diatas, situs Vimbly juga memiliki beberapa kelemahan karena masih terbatas melayani satu kota yaitu kota New York City, sedangkan kebutuhan di kota-kota lain masih belum terjangkau. Demikian juga daftar aktivitas masih sangat terbatas dengan hanya menyediakan beberapa penyelenggara dan sponsor, boleh dibilang situs ini belum mampu mendulang data dalam ukuran besar. Yang paling disesalkan adalah ketersediaan aplikasi untuk ponsel pintar masih dalam taraf pengembangan.

(Images: top, Vimbly sub-category; bottom, Vimbly explore page)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s