Pangsa pasar ponsel pintar di Amerika: Mei 2012 versus Agustus 2012, Google Android pegang peringkat teratas dengan 52,6 persen pangsa pasar, disusul oleh Apple iOS dengan 34,3 persen, sedangkan RIM BlackBerry semakin merosot, demikian juga Microsoft Windows Phone masih belum menemukan formula yang tokcer untuk mengangkat peringkat

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh comScore, ada lebih dari 116,5 juta orang di Amerika yang menggunakan ponsel pintar untuk melakukan komunikasi, chat, foto, kirim text, dan akses situs web. Sistem operasi yang dibuat oleh mesin pencari terbesar didunia Google yang dikenal dengan nama Android masih memegang kendali pasar di Amerika bulan Agustus 2012 ini. Google Android meraup pangsa pasar sebanyak 52,6 persen pada bulan Agustus, dibandingkan 50,9 persen pangsa pasar pada bulan Mei 2012, atau ada kenaikan sebanyak 1,7 persen.

Di rangking kedua diambil oleh Apple yang sudah sangat terkenal dengan produk mobile termasuk iPhone, iPad, and iPod. Sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan terkaya didunia ini dikenal dengan nama iOS. Menjelang akhir bulan September lalu, Apple meluncurkan iOS versi 6.0 dan iPhone seri 5. Walaupun masih dikecam oleh khayalak ramai perihal peta yang memberi petunjuk salah jalan, orang Amerika masih bisa memaafkan kekurangan perusahaan teknologi yang berbasis di Silicon Valley ini. Apple iOS mengambil 34,3 persen pangsa pasar pada bulan Agustus, dibandingkan 31.9 persen pangsa pasar pada bulan Mei 2012, atau ada kenaikan sebanyak 2,4 persen.

Perintis sistem operasi ponsel pintar RIM semakin jatuh di pasar di negara-negara barat, tetapi masih berjaya di Indonesia dan negara-negara Timur Tengah.  Satu minggu yang lalu, perusahaan yang berbasis di Kanada ini memperkenalkan BlackBerry OS versi 10, akan tetapi pengguna ponsel pintar sudah tidak sabar lagi menunggu handset model baru.  Para pengguna BlackBerry yang sangat loyal dengan BBM (Messenger) sangat jengkel dengan begitu lambatnya inovasi di perusahaan ini. BlackBerry hanya mampu bertahan dan mengambil 8,3 persen pangsa pasar pada bulan Agustus, dibandingkan 11,4 persen pangsa pasar pada bulan Mei 2012, atau ada penurunan sebanyak 3,1 persen.

Walaupun terus-menerus merilis sistem operasi dengan inovasi baru untuk perangkat mobile dalam waktu dua tahun terakhir ini, termasuk Windows Phone versi 7.0,  versi 7.5, terus versi 7.8, dan sebentar lagi versi 8.0, perusahaan perangkat lunak Microsoft sudah terlambat kereta untuk mengejar ketinggalan di dunia ponsel pintar. Padahal handset buatan mitra Nokia termasuk yang paling canggih didunia, akan tetapi handset cantik dengan layar ukuran besar dan kamera digital terbagus belum mampu menarik pengguna ponsel pintar berpindah haluan untuk mengganti gadget mereka ke sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan teknologi yang berbasis di kota Seattle ini. Windows Phone hanya berhasil menarik 3,6 persen pangsa pasar pada bulan Agustus, dibandingkan 4,0 persen pangsa pasar pada bulan Mei 2012, ini terjadi penurunan sebanyak 0,4 persen.

(Image: comScore)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s