Buuteeq: platform pemasaran online dan sistem manajemen konten untuk hotel, dengan mengandalkan kekuatan situs web, mobile web, mesin pemesanan (reservasi online), dan jaringan sosial, dimana plaftform ini sudah dipakai oleh 4.000 hotel di seluruh dunia

Pemilik hotel dari ukuran kecil, menengah, sampai ukuran besar, sering mengandalkan biro perjalanan dan penyelenggara pemesanan hotel online seperti Expedia dan Priceline.com untuk memasarkan dan menjual kamar hotel mereka. Sistem semacam itu sering menghadapi kendala karena agen perjalanan maupun portal pemesanan hotel mengambil komisi cukup besar sehingga keuntungan pemilik hotel akan terus menciut.

Sebuah perusahaan startup yang bermarkas di kota Seattle yang dikenal dengan nama buuteeq menyediakan layanan online bagi pemilik hotel untuk memasarkan dan menjual kamar hotel mereka melalui penawaran berbasis cloud (awan). buuteeq menciptakan hubungan “one-to-one” langsung antara pemilik hotel dengan calon tamu hotel mereka.

Keunggulan buuteeq terletak disisi fleksibel, dimana pemilik hotel boleh melakukan perubahan konten, tampilan situs web, situs mobile web, spesial promosi, persingkat pola reservasi, dan sebagainya. Keunikan sistem yang berbasis di cloud ini yaitu memudahkan pemilik hotel melakukan pengaturan dengan lebih mudah karena tidak perlu memasang perangkat lunak di mesin komputer mereka, karena semua perubahan bisa dilakukan lewat browser.

Dengan memanfaatkan layanan pemasaran yang dikenal dengan nama Digital Marketing System, DMS (atau dengan kata lain pemasaran secara digital atau online), buuteeq menyediakan semacam paket untuk mempublikasikan pemesanan hotel melalui situs web, situs mobile web, dan halaman Facebook. Ditambah lagi dengan laporan pemasaran secara rinci yang menunjukkan strategi pemasaran online yang berhasil dan yang gagal. Laporan intelijen pemasaran dipakai sebagai tolak ukur supaya dapat mengoptimalkan sinergi antar pemasaran dan tujuan untuk menambah tamu lebih banyak. Dengan paket layanan ini pemilik hotel akan meningkatkan hunian hotel dan mengurangi biaya operasi karena pemilik hotel bisa langsung memakai mesin pemesanan hotel yang sudah diciptakan oleh buuteeq. Dengan mesin reservasi online, potensial pelanggan bisa langsung memesan kamar secara online tanpa harus melewati biro perjalanan dan penyelenggara pemesanan hotel online (Expedia dan Priceline).

Setelah merangkul 4.000 pelanggan yang terdiri atas hotel-hotel independen ukuran kecil sampai ukuran besar yang tersebar di seluruh dunia, dan dengan bayaran uang langganan (iuran) rata-rata sekitar $3.000 per tahun (30 juta Rupiah), startup ini berhasil menarik minat beberapa investor. Awal minggu ini buuteeq mengumumkan bahwa perusahaan ini sudah menerima modal ventura untuk pengembangan sejumlah $10 juta dollar yang berasal dari Madrona Venture Group and Concur. Sebelumnya sudah menerima modal sebanyak $7 juta dollar dari pemodal lain, jadi total keseluruhan modal sejak didirikan bulan Februari 2010 adalah $17 juta dollar.  Madrona merupakan salah satu pemodal ventura terkenal didunia teknologi, sejak berdiri tahun 1995, pemodal ini pernah membantu satu startup yang sangat berhasil yaitu raja ecommerce Amazon. Sedangkan Concur memegang peran penting di dunia perjalanan bisnis, laporan biaya perjalanan, dan pemrosesan faktur. Modal terbaru yang diumumkan minggu ini akan dipakai untuk menambah jumlah pegawai dari sekitar 50 karyawan hari ini menjadi sekitar 100 karyawan, untuk pengembangan inovasi produk, dan untuk pemasaran ke luar negeri dengan sasaran target terhadap pemilik hotel di negara-negara Asia dan Eropa.

(Image: middle, buuteeq back-office demo; klik disini untuk menonton buuteeq video demo)

About these ads

Trackbacks

  1. […] perusahaan perangkat lunak Microsoft dan terlibat mendirikan beberapa perusahaan startup termasuk Buuteeq, GaMa, DocSuggest dan Skift. Bertepatan dengan peluncuran perangkat lunak secara resmi minggu ini, […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s