Anametrix: menyatukan berbagai jenis layanan analisis yang berbeda ke dalam satu platform, termasuk analisis situs web, analisis sosial media, analisis kampanye pemasaran (seperti, data dari pay-per-click lewat mesin pencari Google dan Bing/Yahoo), dan analisis pengiriman promosi lewat e-mail

Di dunia pemasaran online, para pemasar selalu mengumpulkan data dan menganalisa data untuk memaksimalkan pengembalian investasi (ROI). Data dari analisis situs web, misalnya Google Analytics, WebTrends, HitBox, Omniture, dipakai untuk mengetahui jumlah pengunjung ke situs, jumlah klik, dan lain sebagainya. Demikian juga data dari kampanye pemasaran online seperti data dari pay-per-click lewat mesin pencari Google dan dari Bing (Yahoo), dipakai untuk mengetahui anggaran belanja pemasaran, harga setiap klik, jumlah klik, suku-kata terpopuler, dan lain-lain. Data dipakai oleh pemasar untuk mengetahui kebenaran tentang pelanggan, calon pembeli, dan keadaan pasar. Karena sumber data datang dari berbagai layanan analisis yang berbeda maka diperlukan satu platform yang bisa dipakai untuk menggabungkan semua data dan analisis tsb. supaya masuk akal, mudah dicerna otak, dan bisa dimanfaatkan untuk memungkinkan para pengambil keputusan meningkatkan laba perusahaan.

Anametrix mengintegrasikan data dari berbagai jenis sumber dan saluran data, termasuk analisis situs web, analisis sosial media (Facebook dan Twitter), analisis kampanye pemasaran melalui Google AdWords, dan analisis kampanye e-mail. Anametrix memberikan pandangan yang sangat luas terhadap data dari segi bisnis sehingga pemasar bisa mengambil keputusan yang layak untuk melakukan langkah-langkah berikutnya. Data bisa dilihat secara instan, sehingga memudahkan pemasar melihat tren baru, korelasi antara pemasangan iklan dan anggaran belanja pemasaran, yang mana memberikan dampak yang sangat besar untuk memprediksi pendapatan dan pengembalian investasi (ROI). Demikian juga mengeksplorasi hubungan antara pemasangan iklan pay-per-click di mesin pencari dengan antusias jaringan sosial, maupun korelasi dengan pengiriman promosi lewat e-mail.

Anametrix didirikan pada tahun 2010 oleh sebuah tim bekas pendiri dan karyawan WebSideStory (HitBox). Perusahaan ini mempunyai kantor pusat di kota San Diego yang terletak di selatan negara bagian California, dan kantor cabang di Perancis, Eropa. Kota San Diego memang sangat terkenal sebagai pusat pengembangan perusahaan-perusahaan startup yang melayani analisis situs web, termasuk tempat berdirinya perusahaan Urchin yang diakuisisi oleh Google tahun 2005 dan diganti nama menjadi Google Analytics. Karena layanan mengumpulkan data dan menganalisa data sangat penting untuk perusahaan yang bergerak di ecommerce dan layanan online lainnya, maka perusahaan startup ini juga dilirik oleh investor. Hari ini mengumumkan bahwa perusahaan modal ventura TVC Capital yang bermarkas di kota San Diego bersedia menanam modal putaran pertama (Seri A) sebesar $4.4 juta dollar. Uang ini akan dipakai untuk meningkatkan pemasaran dengan menambah jumlah langganan dari seluruh dunia. Demikian juga akan menambah tenaga teknisi untuk meluaskan inovasi produk khususnya menciptakan analisis yang mampu memprediksi pengembalian investasi, memperpanjang usia retensi pelanggan, menemukan peluang baru yang banyak diincar oleh pemasar.

(Images: top, Anametrix logo; middle, Anametrix Real-Time Multichannel Performance Analysis)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s