Kolaborasi teknologi dan bintang film: selebriti papan atas Jennifer Aniston berkongsi dengan Living Proof mengembangkan perusahaan perawatan rambut yang inovatif

Profesor Robert Langer beserta tim ilmuwan lulusan MIT (Massachusetts Institute of Technology) sudah mengembangkan usaha perawatan rambut sejak tahun 2004 yang dinamakan Living Proof. Profesor Langer adalah penemu biotek terkenal sedangkan MIT adalah universitas teknologi top-5 terpopuler di dunia. Setelah meluncurkan beberapa produk kecantikan di pasar seperti No Frizz, rupanya keberhasilan usaha kecil yang mengandalkan tim ilmiah terkenal dari MIT ini masih belum mampu mencapai sasaran yang diharapkan oleh Polaris Venture Partners, penanam modal ventura. Mengingat pasar perawatan rambut sudah jenuh dengan kemasan kotak yang klaim “ilmiah” maka untuk meraih peluang pasar yang lebih luas di dunia perawatan rambut, usaha kecil ini akhirnya membutuhkan sosok bintang Hollywood. Pilihannya tidak banyak, karena hanya segelintir selebriti yang terkenal karena rambutnya. Salah satunya adalah Jennifer Aniston yang memerankan Rachel dalam drama televisi “Friends” yang ditayangkan dari tahun 1994-2004. Sejak tayangan drama TV ini sudah berakhir, Aniston masih sangat populer dan masih diincar tanpa henti difoto oleh paparazzi.

Pemakaian selebriti papan atas untuk mempromosikan produk kecantikan bukanlah sesuatu yang baru, banyak bintang Hollywood seperti Gwyneth Paltrow sudah menjadi bintang iklan untuk Estée Lauder (minyak wangi), Halle Berry menjadi bintang iklan untuk Revlon, dan lain sebagainya. Rupanya yang lagi sangat trendi di Amerika adalah bintang film ikut ambil andil di usaha kecil terutama di dunia teknologi. Contohnya, Leonardo DiCaprio dan Tobey Maguire menanam modal di perusahaan teknologi video Mobli, pacarnya bintang panas Jessica Biel Justin Timberlake menanam modal di perusahaan jaringan sosial MySpace, dan Jessica Alba berkongsi di perusahaan startup ecommerce menjual barang-barang kebutuhan bayi Honest.com awal tahun ini.

Dengan menggandeng bintang Hollywood papan atas Jennifer Aniston, perusahaan startup Living Proof bukan hanya memamerkan kecantikan Aniston, akan tetapi juga memanfaatkan kepintaran Aniston yang berhubungan dengan perawatan rambut. Menurut situs web Living Proof, selain Aniston akan menerima sebagian saham perusahaan Living Proof, Aniston juga akan memberikan masukan dan ide-ide terbaru kepada tim ilmuwan MIT supaya mereka berhasil menciptakan inovasi ramuan perawatan rambut yang bisa dipasarkan ke konsumen di seluruh dunia. Aniston juga akan menggunakan pengetahuannya tentang perawatan rambut supaya bisa diterapkan di dunia bisnis, pengembangan merek, dan mengarahkan tim pemasaran untuk meraih pasar yang lebih besar.

(Image: Living Proof homepage)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s