Metro Post: kantor pos Amerika akan melakukan uji-coba layanan pengiriman paket pada hari yang sama (same-day delivery) yang akan dimulai pertengahan bulan November dan bermitra dengan beberapa penyedia e-commerce lokal, sedangkan penyedia e-commerce besar (Amazon, Wal-Mart, eBay) berlomba menemukan konsep yang canggih

Kantor Pos Amerika sedang ngos-ngosan memperbaiki necara keuangan perusahaan milik negara ini akibat perkembangan inovasi teknologi e-mail dan persaingan ketat dari penyedia layanan pengiriman kilat dari perusahaan swasta (FedEx dan UPS). Menurut dokumen yang diajukan kepada Postal Regulatory Commission (Komisi Regulasi) akhir minggu ini, untuk ikut berkontribusi pada stabilitas keuangan, maka Kantor Pos Amerika mengajukan rencana uji-coba layanan pengiriman paket pada hari yang sama (same-day delivery) yang sedianya akan dimulai pertengahan bulan November. Selama uji-coba ini, Kantor Pos Amerika akan mengkaji dan menentukan biaya yang pantas untuk layanan ini. Untuk sementara, informasi tentang harga layanan pengiriman paket ini masih dirahasiakan, tetapi secara kasaran, diperkirakan layanan bisa menghasilkan $10 juta dollar per tahun.

Di Amerika, bulan November merupakan bulan yang paling ramai untuk pengiriman paket karena pembeli lebih suka berbelanja online karena harga diskon menjelang obral besar pada hari Thanksgiving. Kebanyakan pemakai jasa pengiriman juga suka mengirim hadiah bingkisan ke sanak keluarga dan relasi menjelang perayaan hari Natal dan Tahun Baru.

Berdasarkan dokumen yang diajukan ke Komisi Regulasi, program baru ini dinamakan Metro Post. Program ini menyediakan layanan pengiriman paket pada hari yang sama sesuai dengan faktur pengiriman yang ditempatkan oleh mitra penyedia layanan e-commerce. Selama uji-coba, Kantor Pos Amerika membatasi untuk bermitra dengan 10 penyedia e-commerce yang memiliki minimum 10 lokasi fisik (toko atau gudang) di seluruh Amerika dan salah satu cabang dari toko tsb berlokasi di kota besar seperti Los Angeles. Karena masih dalam taraf uji-coba, maka layanan ini hanya mampu mengantar 200 paket setiap hari untuk setiap lokasi Kantor Pos yang berpartisipasi dengan peluncuran Metro Post. Pengujian akan berakhir pertengahan Januari 2013. Untuk menerapkan konsep yang cocok, Metro Post memutuskan batas waktu untuk pembeli memesan barang online yaitu antara jam 2 siang sampai jam 3 siang. Paket-paket yang sudah dibubuhi alamat penerima dan prangko akan di ambil dari toko/gudang layanan e-commerce terdekat oleh petugas Kantor Pos yang berseragam setelah jam 3 siang. Setiap paket akan dipasang kode pengiriman dengan alat routing supaya memastikan pengiriman tepat waktu. Pengiriman pada hari yang sama ke rumah atau apartmen penerima akan dijadwalkan antara jam 4 sore sampai jam 8 malam.

Inisiatif layanan pengiriman paket pada hari yang sama mulai memanas sejak bulan summer tahun ini ketika perusahaan yang berbasis di London Shutl mencoba menembus pasar di Amerika. Shutl sudah menerima investasi besar dari penanam modal ventura, sambil bermitra dengan pengecer lokal, Shutl berjanji akan mengirimkan barang yang sudah dipesan lewat online dalam kurun waktu 90 menit. Tren pengiriman barang super-kilat juga sedang merasuk ke penyedia e-commerce terbesar di Amerika, termasuk Wal-Mart, Amazon, eBay, dan beberapa pengecer lainnya. Wal-Mart mengumumkan awal minggu ini bahwa toko serba-ada terbesar di Amerika ini sedang merencanakan pengiriman barang pada hari yang sama di beberapa kota di Amerika.  Layanan kilat ini dinamakan Wal-Mart To Go. Rencana uji-coba ini akan dilakukan dalam waktu 3 bulan kedepan menyongsong Tahun Baru. Musim panas tahun ini, Amazon juga bereksperimen di beberapa kota kecil di sekitar ibukota Washington DC dan di kawasan Silicon Valley dengan memanfaatkan konsep loker yang ditempatkan di toko kecil 7-Eleven supaya pembeli bisa mengambil barang kiriman dengan cepat dan bisa diambil dengan leluasa. eBay juga tidak mau ketinggalan, situs lelang terbesar ini meluncurkan aplikasi untuk iOS (iPhone, iPad, dan iPod) yang memberikan kemudahan kepada pengguna memesan barang dan menerima paket pada hari yang sama, cuma sayangnya uji-coba in hanya terbatas di kota San Francisco.

(Images: top right, USPS Holiday Forever stamp; bottom left, USPC packaging box)

About these ads

Trackbacks

  1. […] Malah Kantor Pos Amerika juga menyediakan layanan pengiriman satu hari yang dikenal dengan “Metro Post” pada bulan November dan Desember lalu, untuk menunjang musim belanja terbesar menjelang […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s