Clever: membangun sistem informasi untuk menyimpan dan menyebarkan data dari siswa dan memungkinkan sekolah bermitra dengan pengembang aplikasi dan perusahaan penyedia layanan pendidikan

Hampir semua sekolah dasar (SD) sampai sekolah menengah keatas (SMA) di Amerika menggunakan sistem informasi milik sendiri untuk menyimpan dan menyebarkan data dari murid-murid di sekolahan mereka, termasuk daftar hadir, hasil ujian, dan nilai rapor. Sistem yang bervariasi dari sekolah ke sekolah ini menyulitkan lembaga pendidikan untuk melakukan kerjasama dalam hal mengembangkan kurikulum antar sekolah, melakukan pelacakan siswa, mengurus perpindahan murid dari satu sekolah ke sekolah lainnya, menyediakan kelas-kelas aktivitas yang mendukung kurikulum diluar sekolah setelah jam sekolah selesai, dan lain sebagainya. Karena kesulitan melakukan integrasi sistem informasi antar sekolah, ini menyulitkan pengembangan inovasi teknologi ke dunia pendidikan terutama dalam hal mendistribusikan aplikasi pendidikan atau perangkat lunak yang bisa dilakukan sekaligus secara regional dan nasional.

Kehadiran Clever untuk menyediakan satu format data yang standar untuk bisa dipakai oleh semua sistem informasi bagi sekolah-sekolah di Amerika. Ini memudahkan pengembang aplikasi dan perusahaan penyedia layanan pendidikan yang dulunya menghabiskan waktu untuk menyatukan berbagai aplikasi maupun harus memasukkan dan memperbaharui data dari siswa secara manual.

Boleh dibilang sampai hari ini teknologi dan inovasi pendidikan bukanlah primadona di antara pemodal ventura di Silicon Valley dan kawasan teknologi lainnya. Kayaknya kehadiran Clever memegang peran penting untuk mendobrak langkah ke depan bagi pengembang aplikasi khususnya untuk pendidikan. Keberadaan satu format data akan mengantarkan inovasi baru ke dalam ruang kelas dan dunia pendidikan dengan memberikan kemudahan bagi para pengembang mengakses data dari siswa.

Perusahaan startup ini sudah berhasil lulus dari kelompok inkubasi di bawah naungan Y Combinator awal musim semi tahun ini. Clever diluncurkan untuk publik akhir bulan Juni 2012 dan berbasis di kota San Francisco dengan hanya 6 karyawan. Pada bulan Agustus lalu sudah berhasil merangkul 1.000 sekolah dan berlipat ganda menjadi 2.000 sekolah bulan Oktober ini. Sistim informasi yang dikelola oleh Clever sudah meliputi 650.000 siswa.

Pemasukan keuangan perusahaan diraih dengan bekerja sama dengan perusahaan penyedia layanan pendidikan dimana Clever sudah bermitra dengan 40 perusahaan perangkat lunak termasuk Scientific Learning, Dreambox Learning dan TenMarks.

Tidak heran startup ini juga diincar oleh kelompok besar investor dan pemodal ventura di Silicon Valley. Seperti yang dilansir dari techcrunch.com, hari ini Clever mengumumkan bahwa mereka sudah menerima investasi sebesar $3 juta dollar yang dipimpin oleh SV Angel, Google Ventures, dan kelompok kerja dari bintang film Ashton Kutcher.

(Image: Clever logo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s