NTT DOCOMO: mobile operator terbesar di Jepang berusaha mempercepat inovasi aplikasi dan teknologi ponsel pintar dan tablet komputer dengan mendirikan pendanaan ventura untuk memodali startup yang berpotensi dan membangun program inkubasi untuk mendukung ide baru

Salah satu mobile operator terbesar di Asia yaitu NTT DOCOMO mengumumkan akhir minggu ini bahwa perusahaan yang melayani sekitar 60 juta pelanggan seluler di Jepang dengan memakai jaringan nirkabel tercanggih di dunia akan mengembangkan bisnis kearah pendanaan ventura and program inkubasi. NTT DOCOMO akan menyediakan dana sejumlah 10 miliar yen, atau sekitar $125 juta dollar. Ini ada kaitannya dengan usaha DOCOMO yang sedang membangun portofolio perusahaan startups di dalam negeri dan upaya menjalin kemitraan dengan investasi yang sudah dilakukan oleh anak perusahaan “DOCOMO Innovations” yang berbasis di Amerika Serikat. Pendanaan ventura dan program inkubasi diharapkan sudah beroperasi sepenuhnya mulai tanggal 31 Maret 2013.

NTT DOCOMO merupakan penyedia jaringan 3G terbesar di Jepang dan juga merupakan salah satu jaringan pertama di dunia yang melayani 4G LTE (generasi ke-empat) untuk langganan mereka di Jepang. DOCOMO merupakan pengembang terkemuka sistem pembayaran melalui ponsel yang dikenal dengan nama NFC. Disamping itu, DOCOMO dikenal juga sebagai pelopor inovasi ponsel pintar saat meluncurkan i-mode pada tahun 1999, suatu layanan Internet mobile yang menyediakan kemudahaan bagi langganan untuk akses e-mail, berselancar didunia maya, mobile download, dan sebagainya.

Kedua usaha baru yang diumumkan ini terdiri atas DOCOMO Innovation Fund (Dana Inovasi) and DOCOMO Innovation Village (program inkubasi). Usaha baru ini disediakan untuk membantu mempercepat inovasi aplikasi dan teknologi ponsel pintar dan tablet komputer. Dana Inovasi lebih fokus melakukan investasi untuk memodali startup yang berpotensi di negara Jepang. DOCOMO akan berusaha menggabungkan layanan yang memiliki model bisnis yang inovatif di dunia ponsel pintar dengan layanan yang sudah tersedia sekarang.

Sedangkan program inkubasi DOCOMO Innovation Village lebih fokus untuk mendukung ide baru. DOCOMO akan membantu menyediakan sumber daya, pengetahuan, fasilitas ruang kerja dan ruang pertemuan. Dengan memanfaatkan fasilitas ini, para pengembang dan tenaga ahli perusahaan bisa bertukar fikiran. Demikian halnya sebagai sarana untuk melakukan presentasi supaya bisa menjembatani manajer dan para eksekutif perusahaan.

Untuk mempermudah proses seleksi dan mempercepat pengembangan usaha, DOCOMO hanya ingin mendanai perusahaan teknologi ponsel pintar dan tablet komputer untuk delapan bidang strategis baru. Ke delapan model bisnis itu adalah: (1) Konten, (2) Sistem Pembayaran, (3) eCommerce, (4) Kesehatan, (5) Mesin dan semacam robot, (6) Agregasi dan platform, (7) Lingkungan, dan (8) Sekuritas.

(Images: top, NTT DOCOMO company overview; bottom, DOCOMO Products Gallery and New Lineup)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s