Kewirausahaan di Amerika: alumni Universitas Stanford menerima penawaran dan pendanaan yang paling banyak untuk tahun 2007-2011, dibandingkan perguruan tinggi terkemuka lainnya, misalnya Harvard, Berkeley, MIT, UPenn, NYU

Perusahaan riset CB Insights yang menyediakan laporan and informasi tentang perusahaan swasta merilis sebuah laporan tahunan pertama yang diberi judul “University Entrepreneurship Report” (laporan tentang kewirausahaan untuk para alumni perguruan tinggi terkemuka). Banyak perusahaan inovasi teknologi yang berpotensi memakai layanan laporan dan informasi dari CB Insights yang berbasis di kota New York untuk merumuskan strategi bagi pengembangan perusahaan, terutama untuk startup yang masih tergantung dari modal ventura, ekuitas swasta, dan investasi dari bank.

Didalam laporan tahunan pertama yang di rilis hari ini mengenai penawaran dan pendanaan dari tahun 2007 sampai tahun 2011, CB Insights berupaya untuk melacak dan mengukur seberapa banyaknya aktivitas kewirausahaan dari enam perguruan tinggi terkemuka di Amerika termasuk perusahaan yang didirikan oleh para alumni maupun yang sedang dipimpin oleh para alumni. Ke-enam perguruan tinggi adalah Stanford, Harvard, UC Berkeley, New York (NYU), Pennsylvania (U-Penn), dan Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Laporan CB Insights menyatakan bahwa para alumni perguruan tinggi terkemuka telah menerima pendanaan sebanyak $12.6 miliar untuk pembiayaan 559 transaksi. Tidak mengherankan kalau laporan ini menyatakan Stanford yang berbasis di kawasan Silicon Valley berada di posisi nomor satu untuk urusan penawaran dan pendanaan dibandingkan dengan alumni perguruan tinggi terkemuka lainnya. Para alumni Stanford telah berhasil menarik minat investasi sebesar $4.1 miliar dan melakukan 203 kali pendanaan.

Karena tertolong dengan raksasa jaringan sosial Facebook dimana Mark Zuckerberg adalah mahasiswa drop-out, Harvard berada di posisi nomor dua dalam hal penerima pendanaan. Seandainya tidak memasukkan Facebook dalam analisis, kekuatan alumni Harvard sama sekali tidak ada dibandingkan perguruan tinggi terkemuka lainnya. Untuk kurun waktu 2007-2011, alumni Harvard berhasil menarik minat para pemodal sejumlah $3.8 miliar untuk 112 transaksi.

Kalau dilihat dari segi geografi, lulusan Stanford dan UC Berkeley cenderung memilih negara bagian California sebagai basis usaha mereka. Sedangkan lulusan Harvard dan U-Penn cenderung berpindah kota setelah lulus kuliah. Hanya dibawah 6% lulusan Stanford, Harvard, UC Berkeley, dan MIT yang mencoba mencari peluang di luar negeri, sedangkan lulusan NYU dan U-Penn memilih untuk menetap di dalam negeri.

Dari semua industri high-tech dan industri lainnya, mayoritas penawaran dan pendanaan berkisar di sektor perangkat lunak. Untuk lulusan UC Berkeley dan MIT mereka juga tertarik pada sektor-sektor usaha lainnya termasuk sektor komputer chip/microprocessor, kesehatan, kedokteran, sektor sumber tenaga dan permesinan pabrik.

(Images: top, Stanford University seal; middle, venture capital funding and deals, CB Insights)

About these ads

Trackbacks

  1. […] untuk menambah pengalaman kerja di dunia nyata selama masih di bangku kuliah. Jangan heran kalau semakin banyak alumni Stanford menerima penawaran kerja dan pendanaan dari para investor papan atas dalam waktu beberapa tahun […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s