adverCar: inovasi membungkus mobil dengan iklan (seperti stiker yang mudah dilepas) bermitra dengan pemilik mobil dan pengiklan dengan sasaran pasar lokal

Akibat krisis ekonomi yang berkepanjangan di kota-kota besar di Amerika, banyak pemilik mobil bersedia menyewakan tempat duduk kosong untuk mengantar penumpang dengan imbalan uang yang bisa dipakai untuk menutup ongkos bensin dan ganti oli. Contoh seperti itu termasuk layanan Sidecar dan Lyft sedang trendi di kota San Francisco. Dengan melihat peluang bisnis ini, sekarang muncul satu perusahaan startup adverCar yang berbasis di kota yang sama. adverCar menawarkan model bisnis dengan membayar pemilik mobil yang bersedia menyewakan ruang kosong di kulit mobil mereka supaya bisa digunakan untuk dipasangi iklan.

Keunggulan adverCar menawarkan inovasi membungkus mobil dengan iklan yang terbuat dari bahan stiker dan mudah dilepas. Iklan dengan ukuran tidak terlalu besar yang biasanya dipajang di samping pintu taksi-taksi di kota besar seperti di New York dan Los Angeles. adverCar juga menyediakan solusi yang terjangkau bagi pengiklan lokal dan diperkirakan biayanya hanya sekitar $300 untuk setiap mobil yang dipasangi iklan. Saat ini adverCar sudah bermitra dengan puluhan pengiklan dan lebih dari 5.000 orang supir kendaraan beroda empat yang berkeliling di kota sambil melakukan perjalanan ke tempat kerja, ke sekolah, dan ke aktivitas lainnya. Malah adverCar bermitra dengan sekelompok ibu-ibu yang dikenal dengan nama adverMoms, dimana banyak anggota kelompok ini melakukan tugas mengantar dan menjemput anak sekolah dan ke tempat les.  Bagi pembaca yang berminat, silahkan klik disini untuk mendaftarkan diri sebagai supir dan memberikan informasi tentang kendaraan dan lokasi.

Sebelum pindah ke Silicon Valley, adverCar mulai beroperasi sejak awal 2011 di kota New Orleans di negara bagian Louisiana, yang terletak di Amerika bagian timur selatan. Hari ini startup ini mengumumkan telah menerima pendanaan awal putaran pertama sejumlah $2 juta dollar yang dipimpin oleh Canaan Partners dan beberapa investors lainnya termasuk 1-800-Flowers, Branford Castle Private Equity, New Orleans Startup Fund, dan TiE Angels. Canaan adalah salah satu penyedia modal awal untuk perusahaan besar seperti DoubleClick (layanan iklan yang diakuisi oleh Google) dan Match.com (situs jodoh terbesar di Amerika).

(Images: top, adverCar logo; middle, two samples of adverCar advertising)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s