Pangsa pasar ponsel pintar di seluruh dunia, periode Juli s/d September 2012: sistem operasi Google Android menguasai 75 persen pangsa pasar, diikuti oleh Apple iOS yang mengambil 15 persen pangsa pasar, sedangkan RIM BlackBerry semakin hilang dari peredaran

Pada kuartal ketiga, periode Juli s/d September 2012, jumlah ponsel pintar (smartphone) yang dikirim ke seluruh dunia mencapai 181,1 juta unit, ini berdasarkan data yang dipublikasikan oleh International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker. Dibandingkan satu tahun yang lalu, jumlah ponsel pintar yang dikirim baru mencapai 123,7 juta unit. Jadi pertumbuhan pasar dari tahun-ke-tahun adalah 46,4 persen.

Sistem operasi Google Android secara resmi diumumkan awal bulan November 2007 dan mulai dipasarkan awal tahun 2008. Dalam jangka waktu empat tahun sejak dipasarkan, sistem operasi Android sudah menguasai 75 persen pangsa pasar di seluruh dunia pada kuartal ketiga 2012, dibandingkan satu tahun sebelumnya masih 57,5 persen pangsa pasar. Pengiriman ponsel pintar yang dijalankan oleh Android mencapai 136 juta unit di seluruh dunia pada kuartal ketiga, dibandingkan satu tahun lalu mencapai 71 juta unit.

Samsung, perusahaan ponsel pintar berbasis di Korea Selatan, masih tetap menjadi raja pembuat ponsel pintar terbesar di dunia pada kuartal ketiga 2012. Mayoritas ponsel pintar yang dijalankan Android dibuat oleh perusahaan Samsung. Ponsel pintar yang paling popular dan berasal dari pabrik di Korea Selatan termasuk Samsung Galaxy III dan Samsung Galaxy Note (atau dikenal juga sebagai Phablet). Galaxy Note II baru saja dipasarkan bulan Oktober dan omzetnya sudah melampaui 3 juta unit dalam kurun waktu satu bulan.

Apple, perusahaan ponsel pintar berbasis di Amerika dan dinobatkan sebagai perusahaan teknologi yang paling berharga di dunia masih tetap memegang posisi nomor dua. Apple iOS hanya mengambil 14,9 persen pangsa pasar pada kuartal ketiga 2012, dibandingkan satu tahun yang lalu dengan 13,8 persen pangsa pasar. Untung tertolong dengan peluncuran iPhone 5 pada akhir bulan September, sehingga pengiriman ponsel pintar yang dijalankan oleh iOS mencapai 26,9 juta unit pada kuartal ketiga, dibandingkan setahun sebelumnya baru mencapai 17,1 juta unit. Akibat keterlambatan berinovasi dalam produk dan sistem operasi iOS, beberapa minggu ini sedang terjadi gejolak perubahan kepemimpinan di dalam tubuh Apple, yang akan mengakibatkan penundaan peluncuran layanan baru, misalnya tampilan baru iTunes (toko aplikasi dan musik) akan ditunda sampai bulan depan.

Setelah sistem operasi Android dan iOS yang sudah menguasai 90 persen pangsa pasar, sisanya 10 persen diambil oleh bekas pelopor ponsel pintar RIM BlackBerry, Nokia Symbian, pendatang baru Windows Phone, dan Linux. BlackBerry merosot tajam dan hanya mengambil 4,3 persen pangsa pasar pada kuartal ketiga, dibandingkan satu tahun yang lalu masih memegang 9,5 persen pangsa. Walaupun terjadi peningkatan sedikit, sistem operasi yang dibuat oleh raja perangkat lunak Microsoft Windows Phone baru mengambil 2 persen pangsa pasar, dibandingkan setahun sebelumnya masih 1,2 persen pangsa pasar.

(Images: top, Google Android logo; bottom, table by IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker)

About these ads

Trackbacks

  1. […] Tren yang sedang terjadi secara global disebabkan oleh adopsi ponsel pintar (smartphone) semakin menanjak. Banyak pengguna ponsel model lama (tanpa layar sentuh) sudah beralih ke ponsel pintar berlayar sentuh. Karena peralihan ini, maka jumlah aplikasi yang di-download juga semakin tinggi, terutama yang sedang berlangsung pada kelompok pen-download pada tahun pertama sejak memiliki ponsel canggih. Ini disebabkan kelompok pemilik ponsel pintar ini masih melakukan pencarian untuk menemukan aplikasi yang cocok. Apabila peralihan ini sudah mencapai batas maksimal, maka jumlah aplikasi yang di-download juga akan merosot pada tahun-tahun berikutnya. Saat ini hanya tinggal dua perusahaan yang masih bertengger di puncak menikmati peralihan ini. Penyedia sistem operasi untuk menjalankan perangkat seluler jenis telepon genggam dan tablet, yaitu Apple iOS dan Google Android. Pangsa pasar kedua OS ini sangat berimbang di Amerika, tetapi Android meraup pangsa pasar lebih besar dalam skala global. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s