DogVacay: menghubungkan pemilik anjing yang membutuhkan pengasuh dengan pemilik rumah yang tertarik merawat anjing

Kita sering mendengar pepatah mengatakan bahwa “a dog is a man’s best friend” (“anjing adalah teman terbaik manusia”). Ketika pemilik anjing sedang berencana liburan keluar kota, sudah pasti akan memikirkan bagaimana caranya menyenangkan hati “teman terbaiknya.” Kadangkala anjing tidak bisa diikut sertakan ke tempat liburan bersama pemiliknya dengan alasan transportasi, karantina, polis asuransi, dan lain-lain. Untuk menitipkan anjing kesayangan mereka, tersedia berbagai alternatif, misalnya dititipkan ke rumah teman, ke rumah anggota keluarga, ataupun ke rumah tetangga yang sudah memiliki anjing, dan sebagainya. Kadang tempat penitipan semacam itu banyak kekurangannya, seperti anjing terpaksa di kurung di dalam kandang besi. Atau alternatif lainnya dikirim ke rumah penitipan binatang peliharaan dimana ongkos perawatan dan penitipan yang cukup mahal.

Untuk menghindari segala masalah penitipan anjing di kota besar di Amerika, sekarang sudah tersedia layanan online yang dikenal dengan nama DogVacay. Tugas utama DogVacay yaitu menghubungkan pemilik anjing yang membutuhkan pengasuh dengan pemilik rumah yang tertarik merawat anjing. DogVacay diambil dari suku kata “vacation” yang artinya “liburan.” Ide mendirikan DogVacay sudah muncul sejak awal September 2011, kemudian situs web ini diluncurkan dan menerima order pertama kalinya bulan Maret 2012.

Keunggulan DogVacay dibandingkan servis lainnya terletak di sisi penggunaan dan inovasi teknologi dalam hal perawatan anjing. Pengasuh anjing diwajibkan mengirim foto update ke pemilik anjing setiap hari. Setiap anjing titipan dipasangi alat pelacak GPS di kerah anjing, supaya pemilik anjing mengetahui di mana posisi letak anjing kesayangan mereka, misalnya diajak jalan-jalan ke pantai atau bermain ke taman. Keunggulan lainnya termasuk setiap anjing akan dibelikan garansi polis asuransi yang sudah ditanggung penuh oleh DogVacay.

Untuk menjaga mutu yang standar, setiap calon pengasuh anjing harus melewati beberapa tahap penyeleksian. Diperkirakan hanya sepertiga pelamar yang berhasil lolos dari seleksi awal. Sejak situs web diluncurkan, sudah 8.000 pengasuh anjing di Amerika dan Kanada yang mendaftarkan diri di jaringan DogVacay.

Selain memberikan sumber penghasilan tambahan bagi para pengasuh anjing, pada kesempatan yang sama juga menyediakan “teman terbaik” yang lucu di rumah pengasuh selama pemiliknya sedang berlibur. Biaya penitipan dimulai dengan harga $15 per hari, tetapi setelah dirata-rata mencapai sekitar $30 per hari, dibandingkan dengan tempat penitipan anjing umum di kota besar biasanya mencapai lebih dari $50 per hari. Sejak mulai beroperasi dalam kurun waktu setengah tahun, perusahaan startup ini sudah berhasil membayar ke pengasuh anjing lebih dari $1 juta dollar.

DogVacay berbasis di kota Santa Monica, yang terletak di pantai barat kota Los Angeles. Hanya dalam waktu enam bulan, DogVacay sudah menyediakan layanan di semua kota-kota besar di Amerika. Dengan melihat booming bisnis penitipan binatang peliharaan ini, beberapa investor mulai tertarik menanam modal ke usaha startup ini. Salah satu pemodal terkenal di Silicon Valley yaitu Benchmark Capital bersedia memberi modal sejumlah $6 juta dan mengangkat Bill Gurley dari Benchmark Capital sebagai anggota komisaris. Mengapa Benchmark berani menanam modal sebesar itu? Seperti yang dituturkan oleh Bill Gurley di sebuah blog post, hasil penelitian menyatakan bahwa pemilik anjing menghabiskan $274 dollar setiap tahun untuk menyewa tempat penitipan anjing. Pasar penitipan anjing diperkirakan mencapai $2,5 sampai $5 miliar dollar per tahun. Modal baru akan dipakai untuk pengembangan bisnis secara global, menjalin kemitraan dengan penjual makanan anjing dan bekerja sama dengan para perawat anjing termasuk tukang cukur (groomer) dan tukang pembuat pakaian anjing.

(Images: top DogVacay logo; middle, Bill Gurley Twitter status; bottom, click here to watch a video demo)

Comments

  1. hasil penelitian menyatakan bahwa pemilik anjing menghabiskan $274 dollar setiap tahun untuk menyewa tempat penitipan anjing – di indonesia bisa buat makan 2 bulan nih … hmmm …

Trackbacks

  1. […] kerjanya hampir mirip dengan saingannya DogVacay.com, Rover.com membantu pemilik hewan peliharaan mencari pengasuh hewan yang saat ini melayani lebih […]

  2. […] pasar yang menghubungkan pemilik anjing dengan pejalan kaki. Hampir sama dengan cara kerja layanan DogVacay dan Rover yang menyediakan layanan untuk pecinta hewan peliharaan, calon pekerja harus melewati […]

  3. […] tempat duduk di mobil pribadi), Airbnb (penyewaan kamar tidur kosong di rumah pribadi), Rover.com, DogVacay, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan bisnis model ini, pemilik rumah menemukan ekstra ruang […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s