Google Android semakin menguasai pasar ponsel pintar (smartphone) dengan mengambil 72,4 persen pangsa pasar pada kuartal ketiga 2012, naik 20 persen dari satu tahun yang lalu

Sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh mesin pencari terbesar didunia semakin menguasai pasar ponsel pintar (smartphone) di seluruh dunia. Menurut data yang baru dipublikasikan oleh Gartner perusahaan riset terkemuka, Google Android mengambil 72,4 persen pangsa pasar pada kuartal ketiga 2012 (Juli-September), dibandingkan 52,5 persen pada kuartal yang sama satu tahun yang lalu. Jadi, Android mengalami kenaikan pangsa pasar sebanyak 19,9 persen.

Penjualan telepon genggam yang dijalankan oleh Android mencapai 122,5 juta unit pada kuartal ketiga 2012, dibandingkan 60,5 juta unit pada kuartal yang sama setahun sebelumnya. Telepon genggam Android mengalami pertumbuhan sebanyak 62 juta unit dalam kurun waktu 12 bulan terakhir ini.

Perusahaan pembuat telepon genggam yang dijalankan oleh Android termasuk raksasa dari Korea Selatan Samsung yang terkenal dengan ponsel seri Galaxy (II, III, dan Note). Sedangkan perusahaan HTC dari Taiwan berhasil masuk top-10 pembuat ponsel pintar Android.

Di urutan kedua dipegang oleh sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh perusahaan Apple yang dikenal dengan nama iOS. Pada kuartal ketiga 2012, perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs mengambil 13,9 persen pangsa pasar, dibandingkan dengan 15,0 persen pangsa pasar setahun yang lalu (turun 1,1 persen). Jumlah penjualan handset iOS (iPhone) mencapai 23,5 juta unit pada kuartal ketiga 2012, dibandingkan dengan 17,3 juta unit setahun sebelumnya. Penjualan Apple iPhone terjadi kenaikan sebanyak 6,2 juta unit, boleh dibilang semuanya berkat bantuan iPhone 5 yang diluncurkan pada minggu ketiga bulan September 2012.

Di papan bawah tinggal sekitar 14 persen pangsa pasar yang diperebutkan oleh RIM BlackBerry sebanyak 5,3 persen, dilanjutkan oleh Bada (sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Samsung) sebanyak 3 persen, seterusnya diambil oleh Symbian (Nokia) sebanyak 2,6 persen, dan terakhir diambil oleh Microsoft Windows Phone/Mobile sebanyak 2,4 persen.

(Images: top, Google Android OS logo; middle, Samsung Galaxy III; bottom, Apple iPhone 5)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s