Solavei: memanfaatkan kekuatan jaringan sosial untuk menambah pelanggan baru dengan penawaran layanan ponsel yang harganya terjangkau dan tanpa kontrak jangka panjang, sudah termasuk paket 4G LTE, tak terbatas suara/bunyi, teks, dan data

Untuk meraih pelanggan baru, operator seluler menghabiskan anggaran besar memasang iklan di TV, koran, majalah, papan reklame, spanduk, dan Internet, yang diperkirakan mencapai $12 miliar per tahun. Sebaliknya model bisnis yang diterapkan oleh Solavei akan membayar kembali kepada pelanggan untuk merekrut pelanggan baru sehingga menguntungkan dua pihak. Kehadiran Solavei membuat transaksi perdagangan lebih murah, karena perusahaan startup ini memberdayakan pelanggan yang sudah ada sambil memanfaatkan kekuatan jaringan sosial untuk meraih pelanggan baru tanpa harus mengeluarkan biaya periklanan yang sangat besar.

Solavei pertama kali meluncurkan layanan ponsel dengan harga terjangkau dan tanpa kontrak jangka panjang pada tanggal 21 September lalu. Setiap pelanggan membayar $49 per bulan dan sudah termasuk paket 4G LTE, tak terbatas suara/bunyi, teks, dan data. Pada saat diluncurkan, startup ini didukung lebih dari 25.000 pelanggan baru. Setelah enam minggu di pasarkan, sudah menerima 65.000 pelanggan baru.

Untuk menekan harga bulanan bagi pelanggan, Solavei beroperasi melalui kemitraan dengan T-Mobile USA. Solavei menciptakan jaringan seluler dengan memanfaatkan teknologi “mobile virtual network operator” (MVNO) sehingga menawarkan paket layanan tak terbatas untuk para pelanggan dengan harga terjangkau. Pengguna diberi kebebasan menggunakan ponsel pintar jenis sinyal GSM yang sudah unlocked (tidak di kunci), seperti HTC One atau ZTE Origin.

Untuk merangsang konsumen mendapatkan penghasilan ekstra, pengguna diperbolehkan berbagi layanan telepon seluler mereka dengan teman dan anggota keluarga melalui komunitas jaringan sosial. Dengan memanfaatkan kekuatan jaringan sosial untuk menambah pelanggan baru, maka layanan seluler untuk setiap pengguna akan lebih terjangkau dan bahkan saling menguntungkan semua pihak.

Berikut ini cara kerjanya: setelah pelanggan baru membayar iuran bulanan 60 hari lamanya dan resmi menjadi pelanggan tetap, mereka boleh mendaftarkan diri untuk mendapatkan uang di situs web Solavei. Untuk setiap pelanggan tetap yang berhasil merekrut tiga pelanggan baru yang dijuluki sebagai “Trio” akan meneirma bayaran $20 per bulan. Supaya tidak membayar iuran bulanan, pelanggan tetap harus bisa merekrut tiga “Trio” alias sembilan pelanggan baru. Pelanggan tetap dapat terus meningkatkan pendapatan bulanan mereka dalam bentuk uang nyata dengan menggunakan jaringan sosial merekrut lebih banyak orang untuk memakai layanan seluler Solavei. Batas tertinggi yang bisa dicapai pelanggan kalau mereka yang berhasil merekrut 2.000 “Trio” alias 6.000 pelanggan baru, dimana mereka akan menerima bayaran sejumlah $20.000 per bulan.

Banyak yang masih menyangsikan model bisnis yang dipakai oleh Solavei, walaupun tim manajemen perusahaan ini terbentuk dari beberapa eksekutif kawakan yang pernah bekerja di perusahaan penyelenggara layanan seluler di Amerika. Berdasarkan surat yang diajukan ke SEC pada saat diluncurkan pada minggu ketiga bulan September lalu, Solavei menerima dana $6 juta. Walaupun belum diumumkan secara resmi, sejak berdirinya usaha ini pada bulan Maret 2012 lalu, total pendanaan yang sudah diterima diperkirakan mencapai $15 juta dollar. Investor awal terdiri dari beberapa eksekutif terkemuka dari dunia media termasuk dari News Corp, AOL, Amazon.com, dan eksekutif dari perusahaan minyak dan gas.

(Images: top, Solavei logo; bottom, click here to watch a video demo of Solavei)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s