Maling mobil di Amerika Serikat tidak suka mencuri kendaraan high-tech model Toyota Prius dibandingkan mobil model lain

Selain untuk menghemat ongkos bensin selama mengendarainya keliling kota, kayaknya belum ditemukan alasan yang tepat untuk membeli mobil jenis listrik hibrida seperti Toyota Prius. Ternyata ada satu alasan baru untuk membeli Prius berdasarkan kajian yang dipublikasikan oleh “National Insurance Crime Bureau” (NICB), suatu badan pengumpul data asuransi dan kriminal di Amerika berdasarkan laporan bertahun-tahun yang dikumpulkan oleh “National Crime Information Center” (NCIC), bahwa maling mobil tidak suka mencuri mobil Prius. Walaupun tingkat popularitasnya semakin menanjak di Amerika Serikat terutama di negara bagian California, tingkat pencurian terhadap Prius jauh lebih rendah daripada mobil model biasa seperti Honda Accord dan Honda Civic.

Toyota Prius adalah salah satu dari sekian banyak jenis mobil listrik hibrida. Mobil listrik dan hibrida lainnya termasuk Honda Insight, Nissan Leaf, GM Volt, Fisker dan Tesla. Prius pertama kali diperkenalkan di Jepang tahun 1997. Kemudian di bawa ke Amerika dan ke 80 negara lainnya pada awal tahun 2000. Untuk skala global, penjualan mobil high-tech ini mencapai 1 juta unit pada bulan Mei 2008 dan menembus 2,8 juta unit sejak Oktober 2012. Penjualan Prius mencapai 1 juta unit di Amerika sejak bulan April 2011 dan menembus 1,2 juta unit pada bulan April 2012. Selain populer di Amerika, Prius juga disukai konsumen dalam negeri, penjualan mencapai 1 juta unit di Jepang sejak Agustus 2011. Prius generasi ketiga diluncurkan sejak tahun 2009, penjualan model ini secara global mencapai 1 juta unit pada bulan September 2011.

Meskipun popularitasnya terus bertumbuh, data pencurian Prius yang diterbitkan oleh NICB minggu ini menunjukkan bahwa tingkat pencurian Prius dengan rasio 1:606, dibandingkan pencurian mobil biasa dengan rasio 1:78. Dengan kata lain, hanya terjadi pencurian satu mobil Prius buatan tahun 2008-2010 untuk setiap 606 kendaraan beroda empat yang dilaporkan dicuri. Sedangkan untuk semua merek dan model kendaraan beroda empat buatan tahun 2008-2010 yang dilaporkan dicuri di Amerika, pencurian terjadi satu mobil untuk setiap 78 mobil.

Berdasarkan data asuransi dan kriminal yang dikumpulkan oleh NCIC, sejak 4 September 2000, sudah ada 2.439 unit Toyota Prius yang dicuri sampai tanggal 30 Juni 2012. Negara bagian yang melaporkan banyak terjadi pencurian Prius terdiri atas California, Florida, New York, Washington, dan Texas. Menurut NCIC, tren terakhir dari data yang dikumpulkan untuk tahun 2012 menunjukkan bahwa maling mobil masih belum tertarik banget mencuri mobil high-tech model Prius di Amerika.

(Image: Toyota Prius 2013 classic model, Third Generation)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s