car2go: inovasi transportasi untuk kota-kota di dunia dengan menawarkan jaringan mobil merek ‘Smart Fortwo’ untuk disewakan berdasarkan hitungan per menit, melirik pasar di kota Seattle dengan armada 330 mobil

car2go-logocar2go adalah layanan penyewaan mobil dengan konsep bisnis yang berbeda dengan tempat penyewaan mobil biasa yang menarik ongkos sewa per hari atau per minggu, sedangkan layanan car2go berdasarkan hitungan per menit. car2go merupakan anak perusahaan pabrik mobil Daimler AG yang membuat mobil mewah untuk kalangan atas dengan merek Mercedes-Benz. Karena mobil untuk car2go dibuat oleh pabrik sendiri, layanan ini hanya menyediakan mobil sewaan dengan merek ‘Smart Fortwo’ (mobil ukuran mini dengan kapasitas 2 penumpang). Ada dua jenis mobil yang disewakan, mobil dengan bahan bakar bensin dan mobil dengan tenaga listrik.

car2go-costInovasi transportasi untuk kota-kota di dunia yang disediakan oleh car2go sudah beroperasi di beberapa kota di Eropa dan Amerika bagian Utara. Layanan penyewaan mobil yang bersifat berbagi ini pertama kali diluncurkan bulan Oktober 2008 di kota Ulm, Jerman. Sampai awal bulan Desember 2012, car2go sudah menyediakan sekitar 6.000 mobil dan sudah mencatat 250.000 pelanggan. Layanan car2go tersebar di 17 kota di seluruh dunia, seperti Austin (Texas), Vancouver (British Columbia, Kanada), San Diego (California), Washington (DC), Portland (Oregon), Toronto (Ontario, Kanada), Calgary (Alberta, Kanada), Miami (Florida), Ulm (Jerman), Hamburg (Jerman), Amsterdam (Belanda), Wina (Austria), Dusseldorf (Jerman), Berlin (Jerman), Stuttgart (Jerman), Cologne (Jerman), dan London (Inggris).

car2go-Seattle-mapMulai tanggal 19 Desember 2012 (Rabu), penduduk kota Seattle di negara bagian Washington, dan juga merupakan markas raksasa perangkat lunak Microsoft dan raja ecommerce Amazon, akan diperbolehkan memakai layanan car2go yang menyediakan armada 330 mobil. Penyewa untuk jangka pendek, cukup membayar ongkos sewa per menit yang jatuhnya sekitar $0.38 (3800 Rupiah), atau $14 per jam atau $73 per hari, dan belum termasuk pajak. Ongkos sewa sudah termasuk parkir gratis di kota. car2go bekerja sama dengan walikota setempat sehingga ongkos parkir dibebaskan selama mobil sewaan di parkir di tempat parkir gratis yang sudah disediakan oleh kota. Seringkali ongkos parkir mobil lebih mahal daripada ongkos sewa mobil di kota besar di Amerika, misalnya ongkos parkir mobil di kota San Francisco ‘Fisherman Wharf’ mencapai $35 per hari.

car2go-member-cardUntuk menjadi pelanggan car2go, setiap penyewa diwajibkan mendaftar online dengan menunjukkan informasi termasuk alamat rumah, tanggal lahir, tempat lahir, alamat email, dan informasi kartu kredit. Setelah itu pelanggan akan diberikan akun dengan nama pengguna dan nomer anggota. Dengan memakai aplikasi ponsel pintar, pelanggan dapat menemukan mobil yang tersedia di sekitar lokasi atau menelepon ke pusat layanan pelanggan untuk memberikan petunjuk lokasi mobil sewaan terdekat. Pelanggan tidak diharuskan untuk melakukan pemesanan awal dan dapat menyewa mobil yang selalu siap selama 24 jam setiap hari. Setelah menemukan mobil sewaan yang diinginkan, pelanggan hanya perlu memasukkan informasi kartu anggota (member-card) ke sebuah alat yang bisa membaca nomer anggota yang terletak di depan kaca mobil sewaan yang diparkir di jalan. Selama penyewaan, ongkos sewa sudah termasuk biaya bahan bakar, asuransi mobil, parkir di pinggir jalan, dan pemakaian alat GPS untuk pengarahan peta kota.

(Images: top right, car2go logo; top middle left, car2go cost of renting; middle left, car2go Seattle map; middle right, car2go member-card; bottom, click here to watch a video demo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s