EXAI: menyulap halaman Facebook menjadi situs web pribadi secara instan dengan menggunakan website builder dan mengincar pemilik usaha kecil dan menengah

Banyak usaha kecil dan menengah memulai bisnis dengan membangun situs web pertama dengan menggunakan sub-domain di jaringan sosial Facebook (misalnya, toko online yang menjual alat-alat kecantikan, baju, fashion, dll.). Setelah usaha berkembang, kemudian ada pemikiran untuk membangun situs web pribadi dengan menggunakan nama domain sendiri. Untuk itu, EXAI menyediakan solusi untuk mengkonversi halaman Facebook menjadi situs web pribadi secara instan.

EXAI-Website-GalleryKeajaiban menyulap halaman Facebook ataupun dari halaman direktori buku telepon (‘Halaman Kuning’ atau ‘Yellow Pages’) menjadi situs web yang dilakukan oleh EXAI terletak di sisi inovasi teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence). EXAI memberikan kemudahan bagi pemilik usaha kecil dan menengah untuk membangun situs web dengan website builder otomatis. EXAI memiliki teknologi yang mampu mengumpulkan data dan file dari beberapa sumber yang berbeda (termasuk database) dan menyatukan semuanya menjadi satu situs website secara instan. Karena kemudahan ini, pemilik usaha kecil tidak perlu lagi memakai jasa desainer professional dan komputer programmer yang biayanya sangat mahal sekali.

Selain menyediakan layanan membangun situs web, EXAI mengandalkan bisnis konsep yang berfokus kearah SoLoMo (singkatan dari: SOcial, LOcal, MObile) yang akhir-akhir semakin panas didunia perdagangan online, contohnya Facebook Nearby yang diluncurkan awal minggu ini. Aktivitas lalu-lintas dan akses Internet yang dilakukan pengguna lewat ponsel pintar dan tablet komputer semakin meningkat di dunia teknologi. Dengan lebih berfokus ke SoLoMo, layanan EXAI juga sudah menyatukan teknologi yang membantu usaha kecil untuk menarik minat pengguna ponsel dimana saja mereka berada. Integrasi teknologi dari EXAI akan membantu pengguna dengan mudah mencari dan menemukan informasi tentang letak lokasi, jam kerja usaha kecil dan layanan terdekat.

EXAI menggunakan model bisnis yang lebh dikenal dengan istilah freemium (alias, pertama gratis, tapi seterusnya kalau menambah fitur akan dikenakan iuran bulanan). Bagi yang berminat menyulap halaman Facebook menjadi situs web, sudah tersedia situs uji-coba di jaringan sosial terbesar didunia ini. Setelah mengkonversi halaman Facebook menjadi situs web pribadi, pengguna akan dikenakan iuran bulanan untuk biaya hosting yang berkisar $3,50 (35 ribu Rupiah) per bulan untuk masa kontrak 2 tahun, sedangkan tanpa kontrak maka iuran bulanan adalah $6,60 (66 ribu Rupiah).

Setelah melewati masa beta, startup yang berbasis di Tel Aviv, Israel, diluncurkan secara resmi pada tanggal 24 April 2012 lalu di Internet World di kota London. Mengutip techcrunch.com, perusahaan ini secara diam-diam sudah mengumpulkan pendanaan sejumlah $15 juta dollar dari beberapa investor yang belum diumumkan secara resmi.

(Images: middle, EXAI website gallery; bottom, click here to watch a video demo)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s