uShip: pasar transportasi yang menghubungkan pengirim dan pengantar, melayani pengiriman barang-barang bisnis, rumah tangga, dan kendaraan

uShip-logoKetika pengantar barang-barang memiliki ruang kosong di kendaraan mereka (misalnya, truk), daripada dibiarkan kosong muatan, pengantar seringkali memberikan potongan harga kepada pengirim terakhir supaya mencapai target maksimal muatan. Kehadiran uShip untuk menjembatani proses pemesanan dari pengirim dan berfungsi sebagai pasar transportasi yang menawarkan berbagai jasa dari pengantar.

Pasar transportasi uShip memungkinkan pengirim dari dunia bisnis maupun pengirim pribadi (misalnya, barang rumah tangga dari pindahan rumah) untuk membandingkan ongkos pengiriman yang ditawarkan oleh pengantar dalam bentuk kutipan harga dimuka. Demikian halnya dengan ribuan pengantar yang terdaftar di platform uShip, mereka juga bisa membeberkan tawaran harga mereka dengan cara lelang. Keputusan untuk memakai pengantar yang disukai, berada di tangan pengirim, setelah pengirim menimbang-nimbang beberapa pengantar dari segi reputasi, jarak tempuh, jadwal pengiriman, dan umpan balik dari pengirim sebelumnya.

uShip mengandalkan inovasi pencarian untuk pengguna perangkat mobile (ponsel pintar dan tablet) dalam bentuk aplikasi yang memungkinkan pengantar (misalnya, pengemudi truk) untuk menemukan calon-calon pengirim yang terdekat maupun yang berada di sepanjang rute perjalanan pengiriman barang-barang. Hal ini membantu pengantar untuk mengisi muatan ke ruang kosong di truk dan memaksimalkan muatan.

uShip berbasis di kota Austin, di negara bagian Texas, dengan cabang di kota Amsterdam, Belanda. Sejak diluncurkan tahun 2004 sampai bulan November 2012, platform uShip sudah berhasil merangkul 355 ribu pengantar dengan 1,6 juta pengirim dari dunia bisnis dan pribadi yang tersebar diseluruh dunia yang mencakup 18 negara dan lima benua, termasuk Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia, dan Australia.

Karena prospek pasar transportasi sangat cerah, perusahaan dengan 110 pegawai ini berhasil memikat hati para investor. Salah satu investor terkemuka di Silicon Valley yaitu Kleiner Perkins Caufield & Byers (KPCB) bersedia menambah modal pada putaran ketiga (Seri C) sejumlah $18 juta dollar yang diumumkan hari ini. Sejak didirikan, perusahaan ini sudah menerima pendanaan sejumlah $28 juta dollar. Dana baru akan dipakai untuk mengembangkan platform jaringan transportasi dan memajukan departmen penjualan dan pemasaran dengan target pasar ke benua Eropa dan Amerika Selatan.

(Images: top, uShip logo; bottom, click here to watch a video demo)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s