nimbleTV: inovasi teknologi yang memungkinkan pelanggan menonton televisi lokal dan kabel dimana saja dengan mengandalkan perangkat lunak yang berbasis di cloud (awan)

nimbleTV-logoBanyak penonton televisi, apalagi penggemar olahraga yang ingin menonton tim kesayangannya berlomba dalam bentuk siaran langsung di mana saja di dunia. Misalnya, menonton pertandingan sepakbola antara tim Persebaya Surabaya yang sedang bertanding melawan tim dari kota Malang dan menontonnya secara langsung di kota Los Angeles, California. Demikian pula bagi perantau yang sudah jauh dari tanahair dan masih ingin terus memantau perkembangan berita dari kampung, mereka masih bisa menonton siaran berita lewat televisi dimana saja berada.

Tidak seperti penyelenggara situs web yang mentransmisi konten dari stasiun televisi lokal dan kabel tanpa lisensi dan bermasalah dengan hukum, nimbleTV bertindak sebagai tuan rumah bagi pengguna berlangganan dengan penyelenggara kabel atau TV satelit. Inovasi teknologi dan perangkat lunak yang berbasis di cloud (awan) yang dikembangkan oleh nimbleTV menjanjikan kualitas streaming televisi siaran lokal, kabel, maupun dari TV satelit, dari lokasi dimana saja di dunia. Dengan teknologi awan akan memungkinkan pengguna menonton streaming konten TV langsung ke perangkat mobile termasuk tablet dan ponsel pintar, melalui desktop/laptop komputer, maupun melalui perangkat televisi biasa.

Keunggulan teknologi dari nimbleTV berpusat dalam sebuah kotak kabel. Pengguna nimbleTV berlangganan dengan penyelenggara lokal, sedangkan nimbleTV bertugas menyimpan kotak kabel di awan. Bahkan setelah mendaftar dengan penyelenggara kabel, pelanggan bisa memakai alamat nimbleTV sebagai tempat penagihan di kota yang bersangkutan.

Minggu ini perusahaan startup ini meluncurkan uji coba dengan skala kecil dan hanya melayani 300 pengguna di kota New York. Dalam waktu dekat akan mengembangkan layanan ke kota-kota lain bahkan menargetkan pengguna di manca negara. Setelah mendaftar menjadi anggota nimbleTV, pengguna boleh memilih iuran bulan-ke-bulan atau untuk jangka panjang.

nimbleTV-how-it-works(Images: top, nimbleTV logo; bottom, nimbleTV cloud-based software)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s