Sambungan telepon darat yang ditusuk ke tembok untuk berkomunikasi antar rumah tangga di Amerika semakin merosot, sedangkan pemakaian telepon nirkabel untuk berkomunikasi semakin melonjak

CDC-logoBadan pengumpul data kesehatan di Amerika yang juga dikenal dengan sebutan the National Health Interview Survey (NHIS) melakukan survei setiap enam bulan. Tugas penting badan ini adalah menyediakan data dengan melacak status kesehatan masyarakat, layanan kesehatan, dan kemajuan yang terjadi di bidang kesehatan dalam skala nasional. NHIS sudah memantau kesehatan bangsa Amerika sejak 1957. Pada akhir bulan Desember 2012 badan peneliti milik pemerintah Amerika dibawah naungan Centers for Disease Control (CDC) mempublikasikan sebuah laporan berdasarkan hasil survei yang dikumpulkan dari bulan Januari sampai Juni 2012.

landlines-phoneMenurut hasil survei, pemakaian telepon nirkabel semakin tumbuh di Amerika, termasuk ponsel dan ponsel pintar. Lebih dari sepertiga rumah Amerika atau 35,8 persen hanya memiliki telepon nirkabel selama enam bulan pertama tahun 2012. Kalau diukur secara persentase, ini terjadi peningkatan sebanyak 1,8 poin sejak enam bulan menjelang akhir tahun 2011. Data dari badan yang melacak status kesehatan bangsa Amerika juga mengungkapkan bahwa dengan ratio 1 banding 6 (atau 15,9 persen) dari setiap rumah Amerika lebih suka melakukan komunikasi dengan menggunakan saluran telepon nirkabel daripada memakai telepon darat yang ditusuk ke tembok, walaupun mereka sudah memiliki telepon darat.

Laporan NHIS juga menemukan kemungkinan besar bagi pria (35,2 persen) untuk tinggal di rumah yang hanya memiliki telepon nirkabel, dibandingkan 32,9 persen bagi wanita. Dari segi pendidikan, 21 persen penduduk Amerika yang memiliki gelar sarjana S-1 lebih cenderung tinggal di rumah yang serba nirkabel daripada penduduk yang memiliki jenjang pendidikan yang lebih rendah, termasuk hanya 15,5 persen penduduk berstatus tamatan SMA yang tinggal di rumah yang memiliki komunikasi nirkabel. Malah penduduk yang tidak tamat pendidikan SMA, hanya 11,9 persen yang tinggal di rumah yang menggunakan telepon nirkabel untuk berkomunikasi.

(Images: top, CDC logo; middle, classic landline phone)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s