Memasuki Tahun Baru 2013, beberapa negara bagian di Amerika serentak berlakukan undang-undang yang melindungi karyawan dan pelamar kerja dari majikan dalam hal pemakaian jejaring sosial (seperti Facebook dan Twitter)

NCSLBegitu jam berputar dan waktu menunjukkan pukul 12:01 tengah malam pada Tahun Baru 2013, menurut siaran pers dari ikatan legislatif negara-negara bagian di Amerika atau National Conference of State Legislatures (NCSL), dua negara bagian terbesar di Amerika, California dan Illinois, secara serentak berlakukan undang-undang yang membuat illegal bagi majikan untuk meminta informasi akun dan password jejaring sosial dari karyawan dan pelamar kerja. Negara bagian California terkenal dengan kota-kota besar seperti Los Angeles dan San Francisco, sedangkan Illinois terkenal dengan kota Chicago.

Negara bagian tetangga dari Illinois yang dikenal dengan negara bagian Michigan, juga berlakukan undang-undang yang mirip dengan California dan Illinois. Walaupun sedikit lebih telat dalam hal perencanaan, malah Michigan sudah mulai berlakukan hukum baru beberapa minggu lalu. Undang-undang Michigan lebih mengarah untuk menghukum lembaga pendidikan (universitas dan college). Selain melindungi karyawan, undang-undang Michigan juga melarang lembaga pendidikan untuk meminta password dan informasi akun dari calon siswa yang digunakan untuk mengakses jaringan sosial dan menilik informasi pribadi terutama melalui akun email.

Facebook-homepage-California-Illinois-Michigan-protection-lawDengan undang-undang perlindungan terbaru ini, tidak berarti karyawan dan siswa boleh seenaknya saja menulis tweet, memasang foto cabul, membuat ancaman yang di posting secara online. Karyawan dan pelamar kerja masih perlu berwaspada dengan apa yang mereka tulis dan jenis foto yang mereka pasang secara online. Majikan di California, Illinois, dan Michigan, masih berhak untuk memakai informasi dan melihat gambar yang tersedia secara publik. Bagi karyawan dan siswa, sebaiknya berhati-hati untuk memasang foto yang tidak pantas, menulis tweet sembarangan, dan memberikan opini yang tidak bermoral di media sosial lainnya, karena informasi yang tersedia secara umum ada kemungkinan akan merusak citra mereka.

(Images: top, NCSL logo; middle, Facebook homepage)

About these ads

Comments

  1. celine titania says:

    terus harus bilang wow gitu
    iya sih bagi aq itu juga penting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s