Pangsa pasar ponsel pintar di Amerika untuk bulan November 2012: sistem operasi Google Android menduduki peringkat teratas dengan 53,7 persen pangsa pasar, disusul oleh Apple iOS dengan 35,0 persen pangsa pasar, sedangkan RIM BlackBerry dan Microsoft Windows Phone semakin hilang dari muka bumi

Berdasarkan hasil pendulangan data yang dikumpulkan oleh comScore, sampai akhir bulan November 2012, ada 123,3 juta pengguna selular di Amerika yang memakai ponsel pintar. Jenis ponsel pintar terdiri dari Apple iPhone, Samsung Galaxy, HTC One, Sony Xperia dan lain sebagainya. Yang perlu dicatat dari data bulan November adalah peningkatan jumlah pemakai ponsel pintar yang mengalami kenaikan sekitar 6 persen sejak bulan Agustus 2012. Penetrasi pasar ponsel pintar mencapai 53 persen dari seluruh pemilik handset di Amerika.

Google Android menempati peringkat teratas sebagai platform ponsel pintar terkemuka di Amerika dengan 53,7 persen pangsa pasar pada bulan November 2012. Dibandingkan dengan 52,6 persen pangsa pasar pada bulan Agustus. Secara persentase, Android mengalami kenaikan sebesar 1,1 poin. Perusahaan pembuat ponsel pintar yang sangat tergantung dengan kesuksesan Android terdiri atas Samsung, LG, HTC, Motorola, Sony, dan Lenovo.

Walaupun sudah meluncurkan iPhone seri 5 pada minggu ketiga bulan September 2012, Apple iOS masih menempati posisi nomer dua dengan 35,0 persen pangsa pasar pada bulan November 2012. Dibandingkan dengan 34,3 persen pangsa pasar pada bulan Agustus, atau terjadi kenaikan sebesar 0,7 poin. Sejak diluncurkan, iPhone seri 5 mengalami banyak masalah dari segi produksi yang tertunda di China akibat proses perakitan yang rumit dan masalah pemakaian perangkat lunak untuk peta (maps) milik Apple sendiri yang tidak secanggih dengan Google Maps.

Sampai akhir November 2012, peringkat nomer tiga dipegang oleh sistem operasi RIM BlackBerry dengan 7,3 persen pangsa pasar (versus 8,3 persen pada bulan Agustus). Di posisi nomer empat diambil oleh Microsoft Windows Phone dengan 3,0 persen (versus 3,6 persen pada bulan Agustus). Sedangkan di nomer buncit adalah Symbian (Nokia) dengan 0,5 persen pangsa pasar (versus 0,7 persen pada bulan Agustus).

smartphone-platforms-share-november-2012-america

(Table: comScore)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s