StudyBlue: platform studi berbasis cloud (awan) dengan memadukan jaringan sosial untuk berkolaborasi antar siswa sambil menciptakan bahan belajar seperti flashcards, panduan belajar, dan contoh kuis

Study-Blue-logoKemajuan teknologi memberikan banyak pilihan bagi siswa jaman modern, dimana siswa tidak perlu lagi membawa berbagai jenis buku pelajaran yang dimasukkan ke dalam sebuah tas ransel yang memberatkan punggung. Sekarang sudah hadir StudyBlue yang menyediakan platform berbasis cloud (awan) yang menampung bermacam-macam aplikasi belajar yang dapat dijalankan dengan beberapa sistem operasi termasuk web, Apple iOS, dan Google Android.

Memasuki tahun baru 2013, StudyBlue mengumumkan kalau startup ini berhasil mengumpulkan dana putaran pertama (Seri A) sejumlah $9 juta dollar dari beberapa investor termasuk Great Oaks Venture Capital dan didukung oleh Wisconsin Alumni Research Foundation (ikatan alumni dari Universitas Wisconsin). Investasi terbaru akan dipakai untuk mengembangkan platform ini untuk mencakup dunia pendidikan dengan inovasi teknologi yang mengandalkan ponsel dan menciptakan berbagai bahan pendidikan yang dapat diakses para pengguna melalui Web, iPhone, iPad dan perangkat Android.

Keistimewaan StudyBlue yang berbasis cloud (awan) memungkinkan siswa untuk menyimpan dan mengatur materi pelajaran mereka dalam bentuk sebuah tas sekolah yang dapat dibawa kemana saja dan dapat digunakan kapan saja. Semua konten yang tersedia StudyBlue berasal dari para pengguna dan dapat dibagikan antar pengguna. Sejak diluncurkan tahun 2009, StudyBlue sudah berhasil merangkul 2,5 juta pengguna di seluruh dunia dan berhasil menciptakan bahan belajar sebanyak 100 juta macam dalam bentuk flashcards, panduan belajar, dan contoh kuis.

Keunggulan StudyBlue memberikan kemudahan kepada individu siswa melakukan pencarian berdasarkan nama sekolah, kelas pelajaran, nama guru, subjek pelajaran, dan nama buku teks pelajaran. Siswa dapat berkolaborasi antar siswa dengan menggunakan jaringan sosial. StudyBlue juga menyediakan berbagai peralatan belajar bagi siswa, termasuk membantu siswa menambah catatan kelas yang ketinggalan dari teman sekelas, mengajukan pertanyaan terhadap mata pelajaran yang sedang dipelajari, dan menghubungkan siswa-siswa untuk menguasai dan mempelajari mata pelajaran yang sama.

Study-Blue-mobile-app-web-iOS-Android

(Images: top, StudyBlue logo; bottom, StudyBlue mobile apps)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s