Leap Motion: mengontrol komputer dengan menggunakan gerakan tangan dan gerakan jari, sebagai pengganti mouse pada laptop dan desktop

leapmotion-logoIde menciptakan pengganti mouse pada laptop dan desktop yang dinamakan Leap Motion, hampir mirip dengan alat Kinect hand-free controller sebagai alat pelengkap ketika bermain online games yang dijalankan dengan gaming consol Xbox 360. Kinect sudah terjual sekitar 20 juta unit dan diluncurkan dua tahun yang lalu menjelang musim belanja hari Natal 2010. Ketika bermain online games dengan alat Kinect, pemain mengontrol setiap gerakan dengan menggerakan tangan, kaki, badan, dan jari, sedangkan Leap Motion masih terbatas dengan gerakan tangan dan gerakan jari.

Leap-Motion-controllerLeap Motion terdiri atas sebuah alat controller sebesar kotak korek api ditempatkan di depan atau di samping komputer desktop atau laptop dan berfungsi sebagai pengganti mouse. Perangkat lunak yang diciptakan oleh Leap Motion secara aftif bisa memahami setiap gerakan di depan layar komputer. Alat controller ini dapat merekam gerakan tangan dan jari dengan kecepatan 290 frame per detik, sehingga kemungkinan luput sangat minimal sekali.

Pemakaian Leap Motion sebagai pengganti mouse maupun pengganti keyboard, mencakup berbagai macam aktivitas, dari karya seni (menggambar di atas layar), kesehatan (mengecek detakan jantung), gaming (memandu pesawat terbang, memicu pistol mainan), menulis tangan, dan lain sebagainya. Cara kerjanya dengan mengangkat tangan, memutarkan jari, melipat jari, supaya memberikan isyarat membesarkan layar dan mengecilkan layar atau memindah ke halaman berikutnya.

Minggu ini Leap Motion mengumumkan sudah berhasil mengumpulkan dana modal putaran kedua (Seri B) sebesar $30 juta dollar. Sejak didirikan awal bulan Oktober 2010 di kota San Francisco, startup ini sudah mengumpulkan dana lebih dari $40 juta dollar yang didukung oleh pemodal ventura Highland Capital Partners dan Founders Fund. Pada hari yang sama minggu ini, startup ini juga mengumumkan sudah menjalin kemitraan dengan perusahaan komputer merek Asus yang akan memasang alat controller ini untuk komputer generasi terbaru yang akan dipasarkan dalam waktu dekat.

Produk pertama berupa alat controller yang dipakai mengontrol komputer dengan gerakan tangan dan jari diperkirakan akan di kirim ke pengguna yang sudah memesannya pada kuartal pertama tahun 2013 ini. Pre-order untuk satu controller seharga $70 atau 700 ribu Rupiah.

(Images: top, Leap Motion logo; middle, Leap Motion controller; click here to watch a video demo)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s