Liputan berita langsung dari konferensi CES 2013 di kota Las Vegas (hari kedua): macan-macan Asia (China, Korea, Taiwan) menyerbu pasar dengan aneka macam gadget dan aksesoris

Konferensi CES 2013 di kota Las Vegas memasuki hari kedua pada tanggal 9 Januari hari Rabu ini. Hari pertama terisi dengan acara pembukaan dan keynote. Demikian juga dengan hari kedua masih diisi oleh keynote dari pemimpin perusahaan Samsung Dr. Stephen Woo yang juga mengundang bekas presiden Amerika Bill Clinton. Liputan hari ini tidak membahas keynote dan peluncuran produk baru, tetapi lebih kearah hasil pemantauan dari lapangan secara luas termasuk ke pavilion inovasi dan ruang pameran CES International.

CES-2013-innovationKonferensi CES dikenal dengan mengunjungi ruang pameran (expo) dan sudah dibuka untuk umum yang dimulai jam 9 pagi sampai 6 sore. Ruang pameran terbagi atas dua lokasi. Yang pertama dan yang paling padat dikunjungi terjadi di Las Vegas Convention Center (LVCC). Ruang pameran kedua yang dulunya dikenal sebagai Sands Expo berada di The Venetian Hotel yang juga merupakan salah satu hotel terbesar di kota Las Vegas. Kedua tempat ini dihubungi dengan berpuluh-puluh bus ekspres yang berputar setiap menit. Walaupun antri panjang, tapi cara kerja sangat effisien, dan jarak kedua tempat ini berkisar 15 menit di dalam bus yang berpenumpang sekitar 50 orang.

Pada hari kedua tim kerja inovasi.com menyempatkan diri mengunjungi ruang eksibisi The Venetian. Di hotel mewah ini terasa lebih enak bernafas lega karena lebih sedikit pengunjung dibandingkan LVCC. Disini dipamerkan perusahaan-perusahaan startup, pemenang inovasi tahun 2013, perusahaan-perusahaan kecil yang berbasis di luar negeri.

Pavilion yang memamerkan pemenang inovasi di Venetian disponsori oleh Microsoft. Para pemenang tahun ini kebanyakan berkisar sebagai pendukung teknologi mobile dan aksesoris untuk perangkat mobile, termasuk untuk mendukung perangkat tablet dan smartphone. Pendukung teknologi mobile termasuk kamera digital Sony Cybershot RX1 dan alat perekam storage nirkabel buatan Seagate Technology. Aksesoris untuk perangkat mobile termasuk alat penyetel lampu rumah dimenangkan oleh GreenWave Reality.

Yang paling berkesan ketika memasuki ruang pameran yang dikhususkan untuk perusahaan-perusahaan startup International. Di sini terlihat macan-macan Asia (China, Korea, Taiwan) yang datang dengan delegasi penuh. Kehadiran macan-macan Asia ini akan segera menyerbu pasar dengan aneka macam gadget dan aksesoris. Perusahaan dari China banyak memamerkan gadget, tablet dan aksesoris (alat pembungkus handphone, kabel berwarna-warni). Sebagian besar gadget terbaru dijalankan oleh system operasi (open source) yang diciptakan oleh Google Android. Lebih dari 50 persen alokasi ruang dipenuhi oleh perusahaan dari China, sedangkan peserta dari Korea hanya terlihat beberapa saja.

CES-2013-China-Korea

(Images: top, CES 2013 Innovation Winners at The Venetian; bottom, China and South Korea companies)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s