Liputan berita langsung dari konferensi CES 2013 (hari terakhir): inovasi teknologi terbesar yang dinikmati pengunjung adalah perangkat televisi dengan display resolusi mencapai 3.840 x 2.160 pixel alias 4K OLED alias Ultra High Definition (UHD)

Konferensi CES 2013 secara resmi sudah ditutup pada hari Jumat 11 Januari sore hari ini. Kota Las Vegas kembali menjadi normal seperti biasa dan seakan-akan menjadi kota hantu. Mayoritas pengunjung konferensi sudah tidak menginap di kota judi ini sejak hari Kamis malam. Karena konferensi sudah berakhir, demikian juga mempengaruhi harga sewa hotel yang turun sangat drastis. Harga penawaran kamar turun lebih dari 75% dari harga yang ditawarkan pada hari-hari konferensi sedang berlangsung. Misalnya, harga sewa kamar di Venetian atau Palazzo mencapai $800 per malam, sekarang berada di bawah $200 per malam, demikian juga harga sewa di Paris Las Vegas melampaui di atas $300 pada saat konferensi sedang berlangsung, sekarang di bawah $100 per malam.

Setelah mengikuti semua acara penting, dari hari pembukaan keynote di Venetian Hotel sampai melakukan peninjauan ke ruang pameran di Las Vegas Convention Center (LVCC), salah satu inovasi teknologi terbesar pada konferensi tahun ini adalah peluncuran perangkat televisi dengan display resolusi mencapai 3.840 x 2.160 pixel. Display resolusi yang mencapai 4 ribu pixel alias 4K OLED, atau empat kali lipat dari 1.080 pixel TV yang dijual di toko hari ini. 4K OLED juga dikenal dengan nama yang lebih keren sebagai Ultra High Definition (UHD). Kebanyakan pengamat dan perusahaan teknologi lebih suka memanggilnya sebagai “4K” (atau empat-K).

Salah satu pembuat televisi 4K adalah perusahaan Panasonic dari Jepang, dimana Presiden Kazuhiro Tsuga merupakan tokoh penting yang memberikan kata sambutan pada acara pembukaan pada hari Selasa 8 Januari. Pada kesempatan istimewa ini, Presiden Panasonic memperkenalkan inovasi televisi 4K OLED dan menyatakan produk dari perusahaannya merupakan televisi 4K yang terbesar yang pernah dibuat didunia dengan ukuran layar sebesar 56 inci.

CES-2013-Las-Vegas-Panasonic-World-Largest-4K-OLED-inovasi-com

Untuk membuktikan teknologi terbaru ini, tim inovasi.com diperkenankan untuk melihat dari jarak dekat dan secara langsung menikmati tayangan TV yang menggunakan inovasi display yang mencapai 4 ribu pixel. Gambarnya memang sangat tajam dan sangat jelas, seolah-olah seperti layar iPad generasi ketiga yang dibesarkan. Pada kesempatan ini Panasonic menyatakan belum ada keputusan mengenai harga barang dan tanggal peluncuran ke pasar, tetapi banyak pengamat memperkirakan televisi jenis 4K OLED akan mulai dipasarkan pada musim panas tahun 2013 ini dan akan hadir di rumah-rumah di Amerika untuk musim belanja hari Natal 2013 yang akan datang. Secara garis besar, tenaga ahli Panasonic di ruang pameran yang sempat diwawancarai menyatakan bahwa harga pasar 4K OLED akan disesuaikan dengan harga standar TV High Definition (HD) yang sudah dijual toko hari ini. Harga yang terjangkau ini karena televisi 4K lebih murah diproduksi dibandingkan teknologi layar lainnya.

(Images: the world’s largest 4K OLED by Panasonic at CES 2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s