Laporan dari CES 2013 di kota Las Vegas (penutup): tanpa kehadiran merek-merek besar dari Amerika seperti Apple, Microsoft, Google, Amazon, apakah konferensi sebesar ini masih lagi relevan dengan kemajuan Internet dan ponsel pintar?

CES-2013-the-end-exitConsumer Electronics Show (CES) yang merupakan pameran peralatan elektronik terbesar bagi konsumen untuk tahun 2013 sudah berakhir. CES 2013 berlangsung dari tanggal 8 Januari sampai 11 Januari di kota Las Vegas. CES menyediakan fasilitas konferensi sejak tahun 1967, kemudian terjadi banyak perubahan antara lokasi kota-kota dan jadwal diselenggarakan antara musim dingin dan musim panas. Sampai tahun 1998 diputuskan bahwa CES akan diselenggarakan setahun sekali pada musim dingin di kota Las Vegas. Setelah berlangsungnya CES 2013 minggu ini, banyak pengamat dan pengunjung konferensi yang mulai meragukan dan bertanya-tanya apakah CES masih penting dengan kemajuan Internet dan ponsel pintar seperti tahun-tahun belakangan ini.

Karena keterbatasan informasi dari perusahaan besar yang bersaing ketat sebelum era Internet dimulai sejak pertengahan 1990-an, perusahaan besar hanya menampilkan inovasi terbaru pada acara besar seperti di konferensi CES. Banyak perusahaan memanfaatkan awal tahun untuk memamerkan inovasi teknologi terbaru supaya menciptakan iklim bisnis positif sepanjang tahun dari pers dan mengingatkan konsumen kalau merek kesayangan mereka masih tetap berinovasi untuk memamerkan dan memasarkan produk-produk terbaru.

Bagi pengamat teknologi, ketidak hadiran perusahaan teknologi merek-merek besar dari Amerika seperti Apple, Microsoft, Google, Amazon, telah menyebabkan CES kehilangan pamornya. Perusahaan raksasa perangkat lunak Microsoft memutuskan untuk tidak ikut serta CES 2013. Hal ini dilakukan untuk pertama kalinya sejak perusahaan ini selalu setia sebagai jangkar dari konferensi peralatan elektronik terbesar didunia. Microsoft secara halus menyatakan bahwa mereka lebih tertarik ikut konferensi dan pameran peralatan dan layanan untuk gaming pada musim panas, karena belum tersedia produk-produk terbaru pada musim dingin. Malah menjelang CES, salah satu tim ahli di Microsoft memasang tanggalan berputar yang bisa menghitung hari menuju peluncuran konsol Xbox terbaru.

Dengan kemajuan teknologi penulisan melalui blog dan website seperti situs inovasi.com yang seringkali menerima bocoran informasi untuk memanaskan berita mengenai produk dan layanan jasa baru, seolah-olah konferensi sebesar CES menjadi kurang relevan dengan perubahan jaman di industri high-tech. Malah perusahaan teknologi kelas kakap cenderung memilih konferensi pers peluncuran produk terbaru yang dilakukan di markas mereka, atau di gedung yang disewa khusus dengan mengundang segelintir pengamat dan penulis teknologi. Seperti Apple meluncurkan iPad Mini di kota San Jose dan Microsoft memperkenalkan Surface tablet di Hollywood, Los Angeles. Perubahan ini sangat bertentangan dengan manfaat konferensi CES.

CES-2013-tradeshow-girlsSalah satu kelebihan dari CES adalah pengunjung masih bisa bertatap muka dengan para ahli perusahaan dan melontarkan pertanyaan secara langsung dan dijawab seketika itu juga. Demikian pula untuk menjalin kemitraan dengan perusahaan lain, CES merupakan tempat terbaik untuk bertemu dengan rekan kerja maupun calon mitra. Dari segi desain panggung dan desain booth, CES juga berani memakai teknologi terbaru dengan biaya besar yang membutuhkan waktu hampir tiga minggu untuk menyiapkan panggung dan dekorasi ruang pameran. Yang pasti perusahaan-perusahaan juga berani membayar penjaga ruang pameran yang dengan setia membeberkan informasi mengenai produk terbaru dan tidak segan-segan bersedia diajak berfoto-ria seperti yang terjadi di ‘Acoustic Research’ booth.

(Images: top, CES 2013 ‘bye-bye’ Exit door; bottom, ‘Acoustic Research’ MVP portable wireless speaker tradeshow girls)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s